PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN DISPENSASI NIKAH PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ„AH (Analisis Penetapan Pengadilan Agama Sukadana Nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn)

ARINI, NURJANAH (2023) PERTIMBANGAN HAKIM DALAM MENGABULKAN DISPENSASI NIKAH PERSPEKTIF MAQĀṢID SYARĪ„AH (Analisis Penetapan Pengadilan Agama Sukadana Nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of ARINI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Sehubung dengan banyaknya permohonan dispensasi nikah di pengadilan agama, dan hampir setiap permohonan dispensasi nikah yang diajukan ke pengadilan dikabulkan dengan alasan-alasan serta pertimbangan-pertimbangan yang berbeda-beda. Salah satunya di Pengadilan Agama Sukadana mengabulkan penetapan dispensasi nikah nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn dikabulkan dengan pertimbangan-pertimbangan tertentu. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana pertimbangan hakim dalam mengabulkan dispensasi nikah dalam penetapan nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn? dan bagaimana perspektif maqāṣid syarī„ah terhadap pertimbangan hakim mengabulkan dispensasi nikah dalam penetapan hakim Sukadana nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn?. Adapun tujuan dari rumusan masalah adalah untuk mengetahui pertimbangan hakim dalam mengabulkan dispensasi nikah dalam penetapan nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn dan untuk mengetahui perspektif maqāṣid syarī„ah terhadap pertimbangan hakim dalam mengabulkan dispensasi nikah dalam penetapan hakim Sukadana nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn. Jenis penelitian ini adalah kepustakaan (library research) yang meneliti tentang penetapan nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn bersifat deskriptif analitis. Menggunakan sumber data dengan sumber data primer dan sumber data sekunder, mengumpulkan data dengan cara pemeriksaan data, penandaan data, dan rekontruksi data setelah data terkumpul maka dianalisis data secara kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah hakim dalam mengabulkan dispensasi nikah lebih mengutamakan kemaslahatan, sebab dalam penetapan nomor: 146/Pdt.P/2021/PA.Sdn bahwa pemohon masih dibawah umur serta telah hamil dan pertimbangan tersebut untuk kemaslahatan maka dikabulkan permohonan dispensasi nikah tersebut oleh hakim. Hal ini sesuai dengan maqāṣid syarī„ah yang mengutamakan kemaslahatan dibandingkan kemudaratan. Kata Kunci: Dispensasi Nikah, Pertimbangan Hakim, Maqāṣid Syarī„Ah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:57
Last Modified: 12 Jul 2023 07:57
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28855

Actions (login required)

View Item View Item