PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ANDROID MELALUI SOFTWARE APPY PIE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS

Siti, Nur’aini (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI BERBASIS ANDROID MELALUI SOFTWARE APPY PIE TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL SITI NUR’AINI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis peserta didik dalam pembelajaran matematika merupakan suatu kemampuan yang diperlukan oleh peserta didik sebagai penunjang dalam menyelesaikan permasalahan matematika. Berdasarkan hasil pra penelitian mata pelajaran matematika bahwa kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMA PGRI Katibung masih rendah, dilihat dari proses peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan matematika masih banyak peserta didik yang tidak memperhatikan penjelasan yang disampaikan oleh pendidik sehingga peserta didik belum mampu menyelesaikan masalah matematika dengan baik. Selain itu, kurang bervariasinya model pembelajaran. Dalam mengatasi masalah tersebut, penulis menarapkan media pembelajaran animasi berbasis android melalui software appy pie. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran animasi berbasis android melalui software appy pie terhadap kemampuan berpikir kritis matematis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian Quasy Experimental Design. Tehnik pengambilan sampel menggunakan tehnik simple random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA PGRI Katibung dengan Sampel penelitian sebanyak 2 kelas yaitu kelas XI MIPA 1 sebagai kelas eksperimen menggunakan software appy pie berbasis android sebagai media pembelajaran dan kelas XI MIPA 2 sebagai kelas control menggunakan model pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah berupa tes uraian. Tehnik analisis data menggunakan yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis menggunakan uji T. Berdasarkan data yang telah didapat maka diterima dan nilai α kriteria uji = 0,05 yang berarti p-value lebih besar dibandingkan nilai α kriteria uji. Demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh media pembelajaran animasi berbasis android melalui sofware appy pie terhadap berfikir kritis. Kata Kunci : Media, Video Animasi, Android, Berpikir Kritis iv ABSTRACK The critical thinking ability of students in learning mathematics is an ability needed by students as a support in solving mathematical problems. Based on the results of the pre-research on mathematics subjects that the critical thinking skills of students at SMA PGRI Katibung are still low, seen from the process of students in solving mathematical problems there are still many students who do not pay attention to the explanations conveyed by educators so that students have not been able to solve mathematical problems correctly. Good. In addition, there is less variation in learning models. In overcoming this problem, the author expects Android-based animation learning media through Appy Pie software. The purpose of this study was to determine the effect of Android-based animation learning media through Appy Pie software on mathematical critical thinking skills. This type of research is Quasy Experimental Design research. The sampling technique uses simple random sampling technique. The population in this study were students in class XI SMA PGRI Katibung with 2 research samples, namely class XI MIPA 1 as an experimental class using appy pie android-based software as a learning medium and class XI MIPA 2 as a control class using conventional learning models. The instrument used to collect data is a description test. Data analysis techniques are used, namely the normality test, homogeneity test and hypothesis testing using the T test. Based on the data that has been obtained, H_0 is accepted and the value of α test criteria = 0.05 which means the p-value is greater than the value of α test criteria. Thus it can be concluded that there is an influence of Android-based animation learning media through Appy Pie software on critical thinking. Keywords: Media, Video Animation, Android, Critical Thinking

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 12 Jul 2023 07:50
Last Modified: 12 Jul 2023 07:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28853

Actions (login required)

View Item View Item