EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF PESERTA DIDIK TERHADAP GURU BK KELAS XI IPS SMAN 14 BANDAR LAMPUNG T.P 2017/2018

Amelia, A (2018) EFEKTIVITAS LAYANAN INFORMASI DENGAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENGUBAH PERSEPSI NEGATIF PESERTA DIDIK TERHADAP GURU BK KELAS XI IPS SMAN 14 BANDAR LAMPUNG T.P 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_AMELIA.pdf] PDF
Download (64MB)

Abstract

Persepsi merupakan suatu pengamatan individu atau proses pemberian makna sebagai hasil pengamatan tentang suatu objek, peristiwa, dan sebagainya melalui panca indera seseorang dengan menyimpulkan informasi dan penafsiran pesan sehingga seseorang dapat memberikan tanggapan mengenai baik buruknya hal tersebut. Namun pada kenyataan masalah yang terjadi di SMA Negeri 14 Bandar Lampung terdapat peserta didik kelas XI IPS yang memiliki persepsi yang negatif terhadap guru BK seperti: menganggap guru BK sebagai polisi sekolah, menganggap guru BK suka mencari kesalahan peserta didiknya, menganggap guru BK adalah guru yang bertugas memberikan hukuman terhadap peserta didik yang melanggar aturan sekolah, dan menganggap guru BK sebagai guru yang galak. Sehingga perlu upaya mengubah persepsi negatif tersebut dengan menggunakan layanan informasi dengan media audio-visual. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui gambaran persepsi negatif peserta didik dan untuk mengetahui efektifitas penggunaan layanan informasi dengan media audio-visual dalam mengubah persepsi negatif peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 14 Bandar Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian quasi eksperimen dengan desain Non-equivalent Control Group Design. Sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 yang memiliki persepsi negatif dalam kategori tinggi. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tekhnik wawancara, angket, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perubahan persepsi negatif peserta didik setelah melaksanakan layanan informasi dengan media audio-visual. Perhitungan rata-rata skor persepsi negatif kelompok eksperimen setelah mengikuti layanan informasi dengan media audio-visual penurunan persepsi negatif sebanyak 38,2 pada kelompok eksperimen dari 96,4 menjadi 58,1 sedangkan pada kelompok kontrol penurunan persepsi negatif sebanyak 11,2 dari 88,4 menjadi 77,1. Dari hasil uji-t dengan df = 12 dengan taraf signifikan 0,05 diperoleh thitung = 9,497 Karena thitung > ttabel ( 9,497 > 2,179 ). Maka, Ho ditolak dan Ha diterima yang berbunyi layanan informasi dengan media audio-visual efektif dalam mengubah persepsi negatif peserta didik kelas XI IPS SMAN 14 Bandar Lampung tahun pelajaran 2017/2018 diterima. Kata Kunci: Layanan Informasi, Media Audio-visual, dan Persepsi Negatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2018 08:11
Last Modified: 08 Jan 2018 08:11
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2884

Actions (login required)

View Item View Item