PENGARUH KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST KELAS X MAN 1 BANDAR LAMPUNG

KIKI, NURJANAH (2023) PENGARUH KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST KELAS X MAN 1 BANDAR LAMPUNG. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of TESIS 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of TESIS KIKI NURJANAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK PENGARUH KEMAMPUAN BERBAHASA ARAB DAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR’AN HADIST KELAS X MAN 1 BANDAR LAMPUNG Permasalahan pada penelitian yang dihadapi selama proses pembelajaran berlangsung, Bedasarkan hasil observasi adalah kurangnya konsentrasi peserta didik ketika belajar, rendahnya minat belajar yang mungkin disebabkan kurangnya motivasi dari lingkungan terkhusus untuk peserta didik yang tinggal di kos karena kurangnya perhatian orang tua, untuk materi yang sering kali peserta didik kurang pahami adalah materi menerjemahkan atau menyimpulkan isi dari kandungan ayat Al�Qur‟an atau Hadist Nabi dan tentang materi sejarah yang artinya rendahnya pemahaman berbahasa arab pada peserta didik. Penelitian ini menerapkan metode penelitian kuantitatif kausal, Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X MAN 1 Bandar Lampung yang terdiri dari 13 Kelas berjumlah 473 peserta didik. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Slovin dan didapati jumlah peserta didik dalam peneitian ini adalah 82 peserta didik. Pengumpulan data mulai dilakukan pada bulan Desember 2022 Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data menggunakan Instrumen Tes, Observasi dan Dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan Uji Prasyarat yaitu uji normalitas dan homogenitas, lalu dilakukan uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana dan regresi ganda. Dari hasil penelitian diperoleh temuan sebagai berikut;Pertama, Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Terdapat pengaruh yang signifikan dari kemampuan berbahasa arab terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadist di MAN 1 Bandar Lampung sebesar 0,338. Kedua, Kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik terhadap hasil belajar Al-Qur‟an Hadist berpengaruh sebesar 0,385. Ketiga, hasil dari kemampuan berbahasa arab dan kemampuan membaca Al-Qur‟an secara bersama-sama terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur‟an Hadist di MAN 1 Bandar Lampung berpengaruh sebesar 0,522. Hal ini berarti bahwa apabila tingkat kemampuan berbahasa arab dan kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik tinggi, maka hasil belajar yang diperoleh siswa cenderung tinggi. Sebaliknya, apabila tingkat kemampuan berbahasa arab dan kemampuan membaca Al-Qur‟an peserta didik rendah, maka hasil belajar peserta didik juga cenderung rendah. Kata Kunci : Hasil Belajar, Bahasa Arab & membaca Al-Quran vii ABSTRACT THE INFLUENCE OF ARABIC LANGUAGE ABILITY AN ABILITY READING THE QURAN ON LEARNING OUTCOMES AL-QUR'AN HADITH CLASS X MAN 1 BANDAR LAMPUNG The problems in research encountered during the learning process took place. Based on the results of observations, there was a lack of concentration of students when studying, low interest in learning which might be due to a lack of motivation from the environment, especially for students who live in boarding houses due to lack of attention from parents, for material that is often students do not understand the material translating or concluding the content of the verses of the Qur'an or the Hadith of the Prophet and about historical material which means the low understanding of Arabic in students. This study applied a causal quantitative research method. The population in this study were students of class X MAN 1 Bandar Lampung consisting of 13 classes totaling 473 students. The sampling technique in this study used the Slovin formula and it was found that the number of students in this study was 82 students. Data collection began in December 2022. In this study, data collection techniques used Test Instruments, Observation and Documentation. The data analysis technique in this study used the Prerequisite Test, namely normality and homogeneity tests, then tested the hypothesis using simple regression and multiple regression. From the results of the study, the following findings were obtained; First a significant effect of the ability to read the Qur'an on student learning outcomes in the Al-Qur'an Hadith Subject at MAN 1 Bandar Lampung. Second, the ability to read the Koran of students and the learning outcomes of the Al-Qur'an Hadith have an effect of 0.385. Third, the ability to speak Arabic and the ability to read the Koran together on the learning outcomes of students in the Al-Qur'an Hadith subject at MAN 1 Bandar Lampung has an effect of 0.522. This means that if the level of ability to speak Arabic and the ability to read the Qur'an of students is high, then the learning outcomes obtained by students tend to be high. Conversely, if the level of ability to speak Arabic and the ability to read the Qur'an of students is low, then the learning outcomes of students also tend to be low. Keywords: Learning Outcomes, Arabic Language & reading Al-Quran. خلاصة تَأْثیرُ إِتْقانِ اللُّغَةِ العَرَبیَّةِ وَقِراءَةُ القُرْآنِ عَلَى نَتائِجِ تَعَلُّمِ القُرْآنِ والْحَدیثِ لِلصِّفِّ العاشِرِ فِي مَدْرَسَةِ الثّانَویَّةِ اَلإِْسْلامیَّةِ viii اَلْحُكومیَّةِ الأُولَى بَنْدَرُ لاَمْبُونْجْ حَدَثَتْ مَشاكِلُ ھَذَا البَحْثِ أَثْناءَ عَمَلیَّةِ التَّعَلُّمِ . بِناءً عَلَى نَتائِجِ المُلاَحَظَاتِ ھُنَاكَ نَقْصٌ فِي تَرْكیزِ الطُّلاّبِ عِنْدَ الدِّراسَةِ وانْخِفاضِ الاِھْتِمامِ بِالتَّعَلُّمِ اَلَّذِي یَكونُ بِسَبَبِ نَقْصِ الحافِزِ مِنْ اَلْبیئَةِ ، خاصَّةً لِلطُّلاَّبِ اَلَّذِینَ یَعِیشُونَ فِي مَنازِلَ داخِلیَّةٍ لِقِلَّةِ اھْتِمامِ الوَالِدَیْنِ . والْمادَّةُ اَلَّتِي لاَ یَفْھَمُھا اَلطُّلاّبُ ھِيَ التَّرْجَمَةُ وَالخُلاَصَةُ لِمُحْتَوَى آیَاتِ القُرْآنِ أَوْ الحَدیثِ النَّبَويِّ والتّاریخیَّةِ اَلَّتِي تَعْنِي ضَعْفَ فَھْمِ اللُّغَةِ العَرَبیَّةِ لَدَى الطُّلاّبِ . طَبَّقَتْ ھَذِهِ الدِّراسَةُ أُسْلوبَ البَحْثِ الكَمّيِّ السَّبَبيِّ ، وَكَانَ المُجْتَمَعُ فِي ھَذِهِ الدِّراسَةِ مِنْ طُلاّبٍ فِي مَدْرَسَةِ الثّانَویَّةِ اَلإِْسْلامیَّةِ اَلْحُكومیَّةِ الأُولَى بَنْدَرْ لاَمْبُونْجْ المُكَوَّنِ مِنْ ٣١ صَفًّا بِإِجْمَالِيِّ ٣٧٤ طَالِبًا . اسْتَخْدَمَتْ تِقْنیَّةُ أَخَذِ العَیِّناتِ فِي ھَذِهِ الدِّراسَةِ مُعادَلَةً Slovin وَوُجِدَ أَنَّ عَدَدَ الطُّلاّبِ فِي ھَذِهِ الدِّراسَةِ كَانَ ٢٨ طَالِبًا . بَدَأَ جَمْعُ البَیَانَاتِ فِي دیسِمْبِرَ ٢٢٠٢ . فِي ھَذِهِ الدِّراسَةِ ، اسْتَخْدَمَتْ تِقْنیّاتُ جَمْعِ البَیَانَاتِ أَدَواتِ الاِخْتِبارِ والْمُراقَبَةِ وَالتَّوْثِیقِ . اسْتَخْدَمَتْ تِقْنیَّةُ تَحْلیلِ البَیَانَاتِ فِي ھَذِهِ الدِّراسَةِ اخْتِبارَ المُتَطَلَّباتِ المُسْبَقَةِ ، وَھُوَ اخْتِبارُ الحالَةِ الطَّبیعیَّةِ والتَّجانُسِ ، ثُمَّ اخْتُبِرَتْ الفَرْضیَّةُ بِاسْتِخْدَامِ الاِنْحِدارِ البَسیطِ وَاَلاْنْحِدارِ المُتَعَدِّدِ . مِنْ نَتائِجِ الدِّراسَةِ ، تَمَّ الحُصولُ عَلَى النَّتائِجِ التّالیَةِ ؛ ھُنَاكَ تَأْثیرٌ كَبیرٌ لِلْقُدْرَةِ عَلَى قِراءَةِ القُرْآنِ عَلَى نَتائِجِ تَعْلَمِ الطُّلاّبِ فِي مَوْضوعِ حَدیثِ القُرْآنِ فِي الطُّلاّبِ فِي مَدْرَسَةِ الثّانَویَّةِ اَلإِْسْلامیَّةِ اَلْحُكومیَّةِ الأُولَى بَنْدَرْ لاَمْبُونْجْ . ثَانِیًا ، قُدْرَةَ الطُّلاّبِ عَلَى قِراءَةِ القُرْآنِ وَمُخْرَجاتِ التَّعَلُّمِ لِحَدیثِ القُرْآنِ لَھُ تَأْثیرُ 0.385 . ثَالِثًا ، القُدْرَةُ عَلَى التَّحَدُّثِ بِاللُّغَةِ العَرَبیَّةِ والْقُدْرَةِ عَلَى قِراءَةِ القُرْآنِ مَعًا عَلَى مُخْرَجاتِ التَّعَلُّمِ لِلطُّلاَّبِ فِي مَوْضوعِ حَدیثِ القُرْآنِ فِي الطُّلاّبِ فِي مَدْرَسَةِ الثّانَویَّةِ اَلإِْسْلامیَّةِ اَلْحُكومیَّةِ الأُولَى بَنْدَرْ لاَمْبُونَجْ لَھُ تَأْثیرُ 0.522 . وَھَذَا یَعْنِي أَنَّھُ إِذَا كَانَ مُسْتَوَى القُدْرَةِ عَلَى التَّحَدُّثِ بِاللُّغَةِ العَرَبیَّةِ والْقُدْرَةِ عَلَى قِراءَةِ القُرْآنِ لَدَى الطُّلاّبِ مُرْتَفِعًا ، فَإِنَّ نَتائِجَ التَّعَلُّمِ اَلَّتِي یَحْصُلُ عَلَیْھَا الطُّلاّبُ تَمیلُ إِلَى الاِرْتِفاعِ . عَلَى العَكْسِ مِنْ ذَلِكَ ، إِذَا كَانَ مُسْتَوَى القُدْرَةِ عَلَى التَّحَدُّثِ بِاللُّغَةِ العَرَبیَّةِ والْقُدْرَةِ عَلَى قِراءَةِ القُرْآنِ لِلطُّلاَّبِ مُنْخَفِضًا ، فَإِنَّ نَتائِجَ التَّعَلُّمِ لِلطُّلاَّبِ تَمیلُ أَیْضًا إِلَى الاِنْخِفاض.ِ الكلمات المفتاحیة: نتائج التعلم، اللغة العربیة، قراءة القرآن

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2023 05:27
Last Modified: 11 Jul 2023 05:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28838

Actions (login required)

View Item View Item