PENGARUH PREMI, KLAIM, SOLVABILITAS, INVESTASI, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN ASET ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2018-2021

FADILLA, RAMADHANI (2023) PENGARUH PREMI, KLAIM, SOLVABILITAS, INVESTASI, DAN PROFITABILITAS TERHADAP PERTUMBUHAN ASET ASURANSI JIWA SYARIAH DI INDONESIA PERIODE 2018-2021. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Aset merupakan aktiva yang digunakan dalam operasional perusahaan. Semakin besar aset yang dimiliki diharapkan dapat menumbuhkan kegiatan operasional yang semakin meningkat. Pertumbuhan asset yang sehat dianggap sebagai salah satu keberhasilan perusahaan. Diantara faktor internal yang mempengaruhi tingkat pertumbuhan aset perusahaan asuransi jiwa syariah adalah premi, klaim, solvabilitas, investasi, dan profitabilitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dan sebesrapa besar pengaruh secara parsial premi, klaim, solvabilitas, investasi, dan profitabilitas terhadap pertumbuhan aset asuransi jiwa syariah di indonesia yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan tahun 2018-2021. Variabel yang diteliti yaitu premi, klaim, solvabilitas, investasi, dan profitabilitas sebagai variabel bebas dan pertumbuhan aset sebagai variabel terikat. Penelitian ini menggunakan perusahaan asuransi jiwa syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sebagai obyek penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, data yang digunakan merupakan data sekunder yaitu laporan keuangan tahunan yang diperoleh dari perusahaan resmi perusahaan dan www.ojk.co.id. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling, metode yang digunakan adalah purposive sampling, metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi data panel. Uji hipotesis yang dilakukan adalah uji t, dan koefisien determinasi (R2). Berdasarkan hasil uji parsial dan analisis pembahasan menunjukkan bahwa variabel premi dan investasi berpengaruh positif dan signifikan, sedangkan klaim, solvabilitas, dan profitabilitas tidak berpengaruh signifikan terhadap pertumbuhan aset. Kata kunci : premi, klaim, solvabilitas, investasi, dan profitabilitas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2023 04:09
Last Modified: 11 Jul 2023 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28835

Actions (login required)

View Item View Item