PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 9E BERBANTU E-POSTER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP KREATIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 NATAR

LISMIA, NABILLA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN LEARNING CYCLE 9E BERBANTU E-POSTER TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN SIKAP KREATIF PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI 1 NATAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of BAB 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL LISMIA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Biologi sebagai ilmu yang kompleks dalam pembelajaran tentunya memerlukan model pembelajaran yang tepat agar peserta didik dapat mengembangkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan sikap kreatif yang dimilikinya. KPS sebagai upaya mengembangkan sejumlah keterampilan pada diri peserta didik sehingga mampu memproleh fakta maupun konsep. Berdasarkan hasil pra penelitian di SMA Negeri 1 Natar diperoleh hasil bahwa model pembelajaran yang diterapkan belum meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 9E berbantu E-Poster terhadap Keterampilan Proses Sains dan Sikap Kreatif peserta didik pada mata pelajaran Biologi pada Materi Sistem Pernapasan. Metode penelitian ini menggunakan metode Quasy Experimental dengan desain penelitian Pretest-Postest control group. Populasi penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Natar, teknik pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Random Sampling dan didapatkan kelas XI IPA 4 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas Kontrol. Instrumen penelitian berupa soal tes Multiple Choice Keterampilan Proses Sains dan angket Sikap Kreatif yang telah dilakukan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, dan daya beda sehingga instrumen telah layak digunakan. Teknik analisis data menggunakan Independent Samples Test. Sebelumnya dilakukan uji prasyarat yang meliputi uji normalitas menggunakan uji Liliefors dan uji homogenitas menggunakan Uji Box‟s M. Hasil penelitian memperoleh nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05 hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model Learning Cycle 9E terhadap kemampuan Keterampilan Proses Sains dan Sikap Kreatif peserta didik. Kata Kunci: E-Poster, Keterampilan Proses Sains, Model Pembelajaran Learning Cycle 9E, Sikap Kreatif, Sistem Pernapasan. iii ABSTRACT Biology as a complex science in learning certainly requires the right learning model so that students can develop Science Process Skills (KPS) and their creative attitudes. KPS is an effort to develop a number of skills in students so that they are able to acquire facts and concepts. Based on the results of pre-research at SMA Negeri 1 Natar, it was found that the learning model applied had not improved Science Process Skills and Creative Attitudes. This study aims to determine the effect of the Learning ModelLearning Cycle 9E helpE�Poster on Science Process Skills and Creative Attitudes of students in Biology subject on Respiratory System Material This research method uses the methodQuasy Experimental with the research design using Pretest-Postest control group. The population in this study were all students of class XI IPA at SMA Negeri 1 Natar. The sampling technique used was a techniqueCluster Random Sampling and obtained class XI IPA 4 as the experimental class and class XI IPA 3 as the control class. The research instrument is in the form of test questionsMultiple Choice Science Process Skills and a Creative Attitude Questionnaire that has been tested for validity, reliability, level of difficulty, and differentiability so that the instrument is feasible to use. Data analysis techniques usingIndependent Samples Test. Previously, a prerequisite test was carried out which included a normality test using the testLilyfors and homogeneity test using TestBox‟s M. The results of the study obtained a significant value of 0.000 <0.05. This indicates that there is a significant influence on the use of the model.Learning Cycle 9E on the ability of students' Science Process Skills and Creative Attitudes. Keywords: Creative Attitude, E-Poster, Learning Model Learning Cycle 9E, Respiratory System, Science Process Skills.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:40
Last Modified: 11 Jul 2023 03:40
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28831

Actions (login required)

View Item View Item