IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

Urika, U (2018) IMPLEMENTASI MANAJEMEN KELAS DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi_Full_URIKA.pdf] PDF
Download (70MB)

Abstract

Pembelajaran PAI di sekolah umum memiliki aspek-aspek materi yang luas dengan hanya terjadwal 3 jam mata pelajaran dalam seminggu. Sementara itu, dalam pembelajaran PAI di kelas sering ditemui kesulitan belajar siswa, kurang konsentrasi, motivasi menurun, bahkan tingkah laku siswa yang mengganggu pembelajaran. Sehingga hal ini akan berpengaruh bagi keberhasilan tujuan pembelajaran PAI. Disinilah pentingnya guru mengelola kelasnya dengan baik. Pada permasalahan di SMP Negeri 3 Bandar Lampung ini, maka dilakukan penelitian dengan rumusan permasalahan; bagaimana implementasi manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Apa saja faktor-faktor yang mendukung dan menghambat manajemen kelas dalam pembelajaran PAI di SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen kelas yang dilakukan oleh guru dalam pembelajaran PAI dan faktor pendukung dan penghambat dalam manajemen kelas. Penulis melakukan penelitian ini di SMP Negeri 3 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan uji keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan dan menggabungkan data reduction, data display (penyajian data), dan conclusion drawing/verification, dengan subyek penelitian dua guru PAI. Penelitian yang dilakukan ini memperoleh hasil 1). Ada dua indikator manajemen kelas yang tidak terlaksana, yaitu guru tidak mengatur tempat duduk sesuai dengan karakteristik peserta didik, dan mata pelajaran, serta aktivitas pembelajaran yang akan dilakukan dan guru tidak memulai dan mengakhiri proses pembelajaran sesuai waktu yang dijadwalkan.; 2). Faktor pendukungnya adalah peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah telah banyak membantu guru dalam mendisiplinkan siswa terutama selama mereka berada disekolah, visi dan misi sekolah yang berdasarkan ketaqwaan dan akhlak mulia, tujuan pembelajaran agama Islam disekolah ini menekankan agar siswa dapat berakhlak mulia dan mampu menerapkan ajaran agama Islam, adanya ruangan multimedia sebagai tempat belajar siswa untuk mengadakan kelompok belajar bervariatif. 3) faktor penghambatnya adalah tidak menggunakan formasi tempat duduk yang bervariasi, dan minimnya waktu pelajaran agama yang ada. Kata kunci : Implementasi Manajemen Kelas, Pembelajaran PAI

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 08 Jan 2018 08:08
Last Modified: 08 Jan 2018 08:08
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2883

Actions (login required)

View Item View Item