MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG

MUJIYANTO, Seman (2023) MANAJEMEN PEMASARAN DALAM MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN DI SMA NEGERI 16 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MUJIYANTO.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Manajemen pemasaran merupakan bentuk upaya dan obyek pemasaran adalah manusia, dimana setiap individu mempunyai karakter atau keinginan berbeda, sehingga diperlukan seni komunikasi, seni pendekatan yang berbeda-beda untuk memenangkan hati manusia. Dalam meningkatkan kepuasan pelanggan jasa pendidikan yaitu peserta didik dengan menerapkan strategi atau bauran pemasaran (marketing mix) jasa pendidikan. Strategi bauran pemasaran jasa pendidikan merupakan rangkaian akitfitas pemasaran yang dilakukan oleh lembaga pendidikan dalam meningkatkan kepuasaan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui manajemen pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMA Negeri 16 Bandar Lampung. Penelitian ini yaitu menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan dalam wawancara yaitu Kepala Sekolah, Waka kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Hubungan Masyarakat, Waka Sarana Prasarana, dan Perwakilan Siswi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakaan teknik analisis kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan kesimpulan atau verifikasi data. Sedangkan teknik memeriksa keabsahan data, peneliti hanya menggunakan teknik triangluasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen pemasaran dalam meningkatkan kepuasan pelanggan di SMA Negeri 16 Bandar Lampung dengan menerapkan startegi atau bauran pemasaran (marketing mix) jasa pendidikan sebagai alat bantu taktis promosi produk keunggulan sekolah pada 7P (produk, price, place, promotion, people, pshycal evidence and process) sudah berjalan cukup baik. Hal ini dapat dibuktikan pada jumlah peserta didik setiap tahunya bertambah dari ke tujuh unsur bauran pemasaran ada tiga bauran pemasaran yang paling dominan dalam mempengaruhi kepuasan pelanggan seperti pada program unggulan bidang akademik dan non-akademik. Adapun biaya yang harus dikeluarkan merupakan pran serta masyarakat atau sumbangan biaya pendidikan dari hasil di rapat antara pihak sekolah dengan orang tua peserta didik dan ada sebagian biaya gratis yang di berikan oleh pemerintah. Lokasi sekolah cukup strategis terdapat di kota bandar lampung dan dekat perumahan. Kata Kunci: Manajamen Pemasaran, Kepuasan Pelanggan, Strategi Bauran Pemasaran, Jasa Pendidikan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Manajemen Pendidikan Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:43
Last Modified: 10 Jul 2023 06:43
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28820

Actions (login required)

View Item View Item