PENGARUH FITUR LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Generasi Milenial Kabupaten Pringsewu)

Siti, Khotijah (2023) PENGARUH FITUR LAYANAN, KEPERCAYAAN, DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT GENERASI MILENIAL MENGGUNAKAN INTERNET BANKING PADA BANK SYARIAH (Studi Pada Masyarakat Generasi Milenial Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI SITI KHOTIJAH (1951020452).pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[thumbnail of BAB 1,2 DAPUS.pdf] PDF
Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Pertumbuhan ekonomi dan keuangan syariah disertai dengan perkembangan teknologi yang makin pesat di era revolusi industri 4.0, dapat menjadi peluang penduduk muslim dan penduduk generasi milenial untuk meningkatkan pertumbuhan keuangan syariah. Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh fitur layanan, kepercayaan dan keamanan terhadap minat generasi milenial menggunakan internet banking pada bank syariah serta pandangan islam terhadap setiap variabel. Objek dalam penelitian ini adalah pada masyarakat generasi milenial wilayah Kabupaten Pringsewu . Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data primer yang diperoleh langsung daru responden menggunakan penyebaran kuisioner. Sampel dalam penelitian ini adalah generasi milenial Kabupaten Pringsewu yang sedang atau pernah menggunakan internet banking pada bank syariah. Jumlah sampel yang digunakan yaitu sebanyak 100 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel fitur layanan, kepercayaan dan keamanan berpengaruh signifikan secara parsial dan simultan terhadap minat generasi milenial menggunakan internet banking pada bank syariah. Dalam perspektif ekonomi islam, variabel fitur layanan, kepercayaan dan keamanan dapat memunculkan perasaan minat yang tercantum dalam surat Ar-Ra’ad ayat 11 yang menggambarkan keinginan, dan minat dalam kehidupan dunia supaya tercapainya tujuan yang diinginkan. Kata kunci: Fitur Layanan, Kepercayaan, Keamanan, Minat, Generasi Milenial, Internet Banking, Bank Syariah. ABSTRACK Islamic economic and financial growth accompanied by increasingly rapid technological developments in the era of the industrial revolution 4.0, can be an opportunity ffor the muslim population and the millennial generation to increase the growth of Islamic finance. Is a banking transaction service that can be accessed easily anytime and anywhere. This study aims to examine and analyze the effect of service features, trust and security on the millennial generation's interest in using internet banking at Islamic banks and Islamic views of each variable. The object of this research is the millennial generation community in Pringsewu Regency. This study uses primary data collection techniques obtained directly from respondents using a questionnaire. The sampling technique in this study was a non-probability sampling technique with a purposive sampling method. The sample in this study is the millennial generation of Pringsewu Regency who are or have used internet banking at Islamic banks. The number of samples used is 100 respondents. The results of this study indicate that the variable service features, trust and security have a partial and simultaneous significant effect on the millennial generation's interest in using internet banking at Islamic banks. In an Islamic economic perspective, service, trust and security feature variables that can bring satisfaction, can bring up feelings of interest listed in the letter Ar-Ra’ad (11) which explains desires, and interest in wordly life in order to achive the goals set Keywords: Service Features, Trust, Security, Interest, Millennials, Internet Banking, Islamic Banks.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2023 06:28
Last Modified: 10 Jul 2023 06:28
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28818

Actions (login required)

View Item View Item