SITI, MARLENA (2023) PERAN ORANG TUA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ANAK USIA 5-6 TAHUN (Studi Di Lingkungan V Kampung Rejomulyo Kedaton Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Dalam penelitian ini peran kedua orang tua terutama dan termasuk keluarga sebagai pembina sekaligus pendidik utama dan pertama dalam suatu kehidupan keluarga, sangat besar pengaruhnya, bahkan sangat menentukan perilaku kehidupan jiwa dan kepribadian anak dan keluarga. Orang tua merupakan salah satu lembaga pendidikan yang pertama dan paling utama dalam diri seorang anak, karena seorang anak dibesarkan dan dilahirkan dari orag tua, serta akan berkembang menuju dewasa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran orang tua dalam pembentukan karakter anak usia 5-6 tahun di Lingkungan V Kampung Rejomulyo Kedaton Bandar Lampung. Jenis penelitian kualitatif, bersifat deskriptif kualitatif dan data yang di peroleh dari teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi dilapangan. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah para orang tua dan anak-anak usia 5-6 tahun yang ada di Lingkungan V Kampung Rejomulyo Kedaton Bandar Lampung Berdasarkan hasil penelitian mengenai peran orang tua dalam membentuk karakter anak di Lingkungan V Rejomulyo Kedaton Bandar Lampung, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa peran orang tua dalam membentuk karakter anak dilakukan dengan lima peran orang tua yaitu mendidik melalui contoh perilaku, menerapkan system pendidikan dini, melakukan system pembiasaan, budaya dialog antara orang tua dengan anak, dan terapkan prinsip keadilan dalam mengatur waktu yang tersedia. Kata kunci: Peran Orang Tua, Pembentukan Karakter iii ABSTRACT According to this study, both parents' roles as coaches, primary educators, and members of the family have a significant impact on how children and families behave and behave in terms of their soul lives and personalities. Because a child is reared and born by their parents and will grow into maturity, parents are one of the child's first and most important educational institutions. The purpose of this study is to ascertain how parents shape the character of 5–6-year-old kids in Ward V of Kampung Rejomulyo Kedaton Bandar Lampung. This kind of qualitative study is descriptive in nature and uses information gathered through fieldwork, interviews, and observational methods. Parents and kids in Ward V of Kampung Rejomulyo Kedaton Bandar Lampung, aged 5 to 6 years, served as the study's population and sample. Based on the findings of a study on the influence of parents in forming children's character in Environment V Rejomulyo Kedaton Bandar Lampung, it can be deduced that the influence of parents in forming children's character is carried out through five parental roles: teaching through modeling good behavior, implementing an early education system, implementing a habituation system, fostering a culture of communication between parents and children, and implementing the principles of fairness in daily life. Keywords: Role of Parents, Character Formation
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 10 Jul 2023 06:26 |
Last Modified: | 10 Jul 2023 06:26 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28817 |
Actions (login required)
View Item |