PENGARUH MODAL USAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DENGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI VARIBEL MODERATING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris UMKM Coffee Shop di Kota Bandar Lampung)

FAHMI, MUHAMMAD IRFAN (2023) PENGARUH MODAL USAHA DAN INOVASI PRODUK TERHADAP PERKEMBANGAN UMKM DENGAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI VARIBEL MODERATING DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi Empiris UMKM Coffee Shop di Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of TESIS_PERPUS.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of TESIS_FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK UMKM berkontribusi terhadap Produk Domestik Bruto yang terus naik dari tahun ke tahun, namun mengalami penurunan pada saat pandemi covid-19. Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat mengakibatkan UMKM mengalami penurunan omset 80-90% selama pandemic covid-19. UMKM dihadapkan pada masalah umum yakni bisnis terhambat akibat perputaran modal lambat terutama pada saat pandemic. Untuk mengembangkan UMKM Coffee Shop di Bandar Lampung perlu adanya tambahan Modal Usaha dan Inovasi Produk guna mengembangkan usaha, dengan Digital Markering sebagai media moderasi terhadap perkembangan UMKM Coffee Shop di Bandar Lampung. Rumusan masalah penelitian ini. Apakah Modal Usaha memiliki pengaruh terhadap perkembangan UMKM di Bandar Lampung dengan Digital Marketing sebagai Variabel Moderasi dalam Persfektif Ekonomi Islam? Apakah Inovasi Produk memiliki pengaruh terhadapi perkembangan UMKM di Bandar Lampung dengan Digital Marketing sebagai Variabel Moderasi dalam Persfektif Ekonomi Islam? Tujuan Penelitian ini, untuk menguji dan menganalisis pengaruh Modal Usaha terhadap perkembangan UMKM di Bandar Lampung dengan Digital Marketing sebagai Variabel Moderasi dalam Persfektif Ekonomi Islam dan untuk menguji dan menganalisis pengaruh Inovasi Produk terhadap perkembangan UMKM di Bandar Lampung dengan Digital Marketing sebagai Variabel Moderasi dalam Persfektif Ekonomi Islam. Metode penelitian dalam penelitian ini kuantitatif. Menggunakan data primer yang berasal dari hasil jawaban angket yang peneliti distribusikan pada pelaku UMKM di Bandar Lampung. Sampel penelitian menggunkan rumus slovin dengan jumlah sampel 75 pelaku UMKM. Penelitian ini menemukan besarnya pengaruh Modal Usaha terhadap Perkembangan UMKM di Bandar Lampung dengan Digital Marketing sebagai variabel moderating dalam Perspektif Ekonomi Islam yakni sebesar 39,1%. Sedangkan besarnya pengaruh Inovasi Produk terhadap Perkebangan UMKM dengan Digtal marketing sebagai variabel moderating yakni sebesar 38,9%. Kata Kunci : Modal Usaha, Inovasi Produk, Perkembangan UMKM, Digital Marketing.ABSTRACT MSMEs contribute to Gross Domestic Product which continues to increase from year to year, but experienced a decline during the co-19 pandemic. The imposition of restrictions on community activities resulted in MSMEs experiencing a decrease in turnover of 80-90% during the co-19 pandemic. MSMEs face a common problem, namely that business is hampered due to slow capital turnover, especially during a pandemic. To develop UMKM Coffee Shops in Bandar Lampung, additional Business Capital and Product Innovation are needed to develop the business, with Digital Markering as a moderation medium for the development of UMKM Coffee Shops in Bandar Lampung. The formulation of the problem of this research. Does Business Capital have an influence on the development of MSMEs in Bandar Lampung with Digital Marketing as a Moderating Variable in the Perspective of Islamic Economics? Does Product Innovation have an influence on the development of MSMEs in Bandar Lampung with Digital Marketing as a Moderating Variable in the Perspective of Islamic Economics? The purpose of this study, to test and analyze the effect of Business Capital on the development of MSMEs in Bandar Lampung with Digital Marketing as a Moderating Variable in an Islamic Economic Perspective and to test and analyze the effect of Product Innovation on the development of MSMEs in Bandar Lampung with Digital Marketing as a Moderating Variable in an Economic Perspective Islam. The research method in this research is quantitative. Using primary data derived from the results of the questionnaire answers that the researcher distributed to MSME actors in Bandar Lampung. The research sample used the slovin formula with a sample size of 75 MSME actors. This study found the magnitude of the influence of Business Capital on the Development of MSMEs in Bandar Lampung with Digital Marketing as a moderating variable in the Islamic Economic Perspective, namely 39.1%. Meanwhile, the magnitude of the influence of Product Innovation on MSMEs Development with Digital marketing as a moderating variable is 38.9%.. Keywords: Business Capital, Product Innovation, MSMEs Development, Digital Marketing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 10 Jul 2023 03:39
Last Modified: 10 Jul 2023 04:46
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28816

Actions (login required)

View Item View Item