EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SEKOLAH KADER PENGAWAS PARTISIPATIF SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KADER (Studi: Bawaslu Provinsi Lampung)

RENGGA, JEAN MISKE (2023) EFEKTIVITAS PELAKSANAAN SEKOLAH KADER PENGAWAS PARTISIPATIF SEBAGAI SARANA PENDIDIKAN POLITIK DALAM MENINGKATKAN KUALITAS KADER (Studi: Bawaslu Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi RENGGA JEAN MISKE.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Program SKPP sudah dilaksanakan sejak tahun 2020 hingga tahun 2021 dibanyak titik di Indonesia salah satunya di Provinsi Lampung. SKPP yang bertujuan menciptakan kader-kader pengawas pemilu yang partisipatif dan berkualitas guna demokrasi yang berintegritas. Namun sangat disayangkan tujuan tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya, terbukti dengan belum ada gerakan signifikan yang di lakukan oleh kader-kader yang telah melaksanakan program SKPP ini padahal ketika agenda terakhir SKPP terdapat rencana tindak lanjut yang masing-masing kelompok mempresentasikan program konkret yang akan di laksanakan di masing-masing lokus pasca berlangsungnya agenda SKPP. Setelah peneliti telusuri di kantor Bawaslu Provinsi Lampung masih banyak kader-kader yang belum melaksanakan gerakan konk ret dari rencana tindak lanjut (RTL) tersebut. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif . dalam pengumpulan data peneliti menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Peneliti melakukan observasi pada Bawaslu Provinsi Lampung untuk mendapatkan keabsahan data yang telah didapatkan dari hasil wawancara sebelumnya, dan peneliti melakukan dokumentasi dengan mengambil beberapa data disekolah untuk melengkapi penelitian. Analisa data dilakukan dengan memberi makna terhadap data yang dikumpulkan ditarik kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Pelaksanaan SKPP tingkat menengah tahun 2021 tidak efektif dalam peningkatan kualitas kadernya. Secara pendidikan politik, SKPP cukup ideal dengan kurikulum yang dijalankan namun secara penilaian kualitas belum cukup ideal. Kualitas kader meningkat dapat dilihat dari pasca terselenggaranya program SKPP tingkat menengah tahun 2021, dikatakan tidak efektif karena pasca pelaksanaan sekolah tersebut tidak ada bentuk konkrit yang dilakukan oleh para alumni kader SKPP tingkat menengah yang disebabkan tidak adanya monitoring langsung dari pihak Bawaslu Provinsi Lampung dan tidak adanya anggaran yang menunjang untuk para alumni kader dapat mengaktualisasikan nilai yang didapat selama sekolah dan mewujudkan tujuan dari pelaksanaan sekolah tersebut. Sesuatu dapat dikatakan efektif ketika tujuan yang sudah dirancang dapat terlaksana dengan baik. Kata Kunci: Pendidikan Politik, SKPP, Bawaslu

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pemikiran Politik Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Pemikiran Politik Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:26
Last Modified: 07 Jul 2023 08:26
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28815

Actions (login required)

View Item View Item