UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH ALHIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG

Alhaady ., Nur M (2023) UPAYA GURU AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBINA AKHLAK PESERTA DIDIK KELAS 8 DI MADRASAH TSANAWIYAH ALHIKMAH KEDATON BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI  FULL ALHAADY.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh banyaknya peserta didik di temukan akhlaknya kurang bahkan sampai pada saat ini banyak beredar di televisi televisi dan sosial media tentang siswa dan siswi sekolah A atau B tawuran, atau tertangkap sabu dsb, peneliti melihat di sekolah mts alhikmah ini hampir semua perserta didik nya akhlaknya baik, sangat berbeda dengan sekolah sekolah lain. Maka dari itu peneliti tertarik mengambil tempat penelitian di MTS Alhikmah Kedaton Bandar Lampung. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu, Bagaimana Upaya Guru Akidah akhlakDalam Membina Akhlak Peserta didik di MTs Alhikmah kedaton Bandar Lampung?. Dengan tujuan untuk mengetahui upaya guru akidah akhlakdalam membina akhlak Peserta didik di MTs Alhikmah Kedaton Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Tekhnik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Subjek pada penelitian ini yaitu Guru Akidah Akhlak dan Peserta didik. Analisis data yang digunakan oleh penulis adalah metode deskritif kualitatif, yaitu setelah ada data yang berkaitan dengan penulisan, maka disusun dan diklasifikasikan dengan menggunakan data-data yang diperoleh untuk menggambarkan jawaban dari permasalahan yang telah dirumuskan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Upaya Guru Akidah Akhlak dalam membina akhlak peserta didik kelas 8 di MTS Alhikmah Kedaton Bandar Lampung, yaitu: 1. Keteladanan, seperti berbicara menggunakan bahasa yang sopan dan santun, mengucapkan salam ketika masuk dan keluar kelas, serta keteladanan dalam berprilaku seperti tidak datang terlambat ke sekolah. 2. Pembiasaan seperti mencium tangan guru melalui kegiatan sapa pagi, membaca do‟a sebelum dan sesudah melakukan proses pembelajaran, membiasakan Peserta didik untuk membaca Al-Qur‟an serta membiasakan Peserta didik untuk sholat dzuhur berjamaah. 3. Pengajaran seperti berprilaku jujur, berperilaku rendah hati dan tidak sombong, pengajaran untuk mencintai lingkungan seperti tidak membuang sampah sembarangan. 4. Memberikan motivasi, seperti memberikan hadiah berupa nilai plus, memberikan pujian kepada Peserta didik dengan kata bagus, hebat dan pintar. 5. Hukuman, seperti menjelaskan ulang materi yang telah diajarkan apabila Peserta didik tersebut ribut saat belajar, mencuci muka bagi yang tidur di dalam kelas, nasehat, mengalpakan absen bagi Peserta didik yang bolos, dengan teguran serta memarahi. Kata Kunci : Akhlak, Guru, Upaya iii ABSTRACT The background of this research was that many students were found to be lacking in morals, even today there are many circulating on television and social media about school A or B students fighting, or being caught with methamphetamine etc. students have good morals, very different from other schools. Therefore the researcher is interested in taking a research location at MTS Alhikmah Kedaton Bandar Lampung. The formulation of the problem in this study is, What are the Efforts of the Teacher's Aqidah Akhlak in Fostering the Morals of Students at MTs Alhikmah kedaton Bandar Lampung?. With the aim of knowing the efforts of the teacher of the moral creed in fostering the morals of students at MTs Alhikmah Kedaton Bandar Lampung. This research is a field research using a descriptive qualitative approach. Data collection techniques in this study are interviews, observation and documentation. The subjects in this study were teachers of moral beliefs and students. Data analysis used by the author is a qualitative descriptive method, that is, after there is data related to writing, it is compiled and classified using the data obtained to describe the answers to the problems that have been formulated. The results of the study show that the efforts of the teacher of aqidah morals in fostering the morals of students at MTs Alhikmah Kedaton Bandar Lampung, namely: 1. Exemplary, such as speaking using polite and polite language, greeting when entering and leaving class, and exemplary behavior such as not coming late for school. 2. Habits such as kissing the teacher's hand through morning greeting activities, reading prayers before and after carrying out the learning process, getting students used to reading the Qur'an and getting students used to midday prayers in congregation. 3. Teaching such as honest behavior, humble and not arrogant behavior, teaching to love the environment such as not littering. 4. Provide motivation, such as giving gifts in the form of plus points, giving praise to students with good, great and smart words. 5. Punishment, such as re-explaining the material that has been taught if the student is noisy while studying, washing the face for those who sleep in class, giving advice, forgetting to be absent for students who are truant, with reprimands and scolding. Keywords : Morals, Teachers, Efforts

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2023 08:12
Last Modified: 07 Jul 2023 08:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28813

Actions (login required)

View Item View Item