KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA HARUN AR-RASYID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ERA MILENIAL

Putri, Eka Fitoura (2023) KONSEP PENDIDIKAN ISLAM PADA MASA HARUN AR-RASYID DAN RELEVANSINYA DENGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA ERA MILENIAL. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI Putri Eka Fitoura.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Konsep pendidikan Islam adalah sebuah ide, gagasan yang dirancang dalam pendidikan Islam untuk dapat membentuk peserta didik memiliki kepribadian yang berakhlakul karimah berdasarkan al-Qur‟an dan Hadist. Krisis nya akhlak menjadi suatu permasalahan bagi bangsa dan kehidupan manusia, karena kurangnya pembinaan terhadap diri sendiri dari faktor internal dan faktor eksternal. adanya tujuan dan manfaat penelitian ini untuk menganalisis konsep pendidikan Islam pada masa Harun Ar-Rasyid., mendeskripsikan pembinaan karakter peserta didik dalam proses pendidikan Islam pada masa Harun Ar-Rasyid, menjadi bahan rujukan dan pembelajaran bagi penelitian yang akan datang dan terkait serta relevan, menjadi dan memberikan rujukan dalam proses pembelajaran pendidikan Islam yang lebih efektif melalui metode yang efisien, menunjukan adanya relevansi pendidikan Islam di masa khalifah Harun Ar-Rasyid dengan Pendidikan Islam di Indonesia Era Milenial, membuktikan bahwa adanya relevansi pendidikan Islam di Indonesia Era Milenial dengan pendidikan Islam di masa Harun Ar�Rasyid. Penelitian ini menggunakan metode library, peneliti menggunakam metode analisis data, yaitu analisis historis yang dapat menganalisis mengenai sejarah pendidikan Islam pada masa Harun Ar-Rasyid, selanjutnya menggunakan anaisis deskriptif untuk dapat menjelaskan peristiwa pada masa Harun Ar-Rasyid dalam mengembangkan pendidikan Islam hingga mencapai kejayaan, yang terakhir adalah metode ex post facto yaitu, untuk menghubungkan konsep pendidikan Islam pada masa Dinasti Abbasiyah pada kepemimpinan Harus Ar-Rasyid serta Pendidikan Islam di Era Milenial Hasil penelitian ini menunjukan bahwa konsep pendidikan Islam dalam pemikiran Harun ar-Rasyid mengarah pada pembentukan akhlak atau karakter peserta didik yaitu pertama, adanya kesiapan guru artinya seorang pendidik harus bersikap profesional serta peserta didik harus taat kepada pendidik, kedua, seorang pendidik harus mengajarkan Al-Qur‟an dan Sunnah, ketiga mengajarkan seni, keempat mengajarkan retorika yaitu pendidik dapat memberikan pembelajaran untuk dapat berkomunikasi dengan baik di dalam masyarakat sosial agar dapat disesuaikan dengan lawan biacaranya. Selanjutnya dalam penguatan karakter bangsa ada lima konsep untuk memperkuat pendidikan karakter dalam pendidikan Islam yaitu Integritas, Humanisme, Spiritualitas, Adaptability, Nasionalisme. Kata Kunci: Pendidikan Islam, Harun Ar-Rasyid, Era Milenial iv ABSTRACT The concept of Islamic education is an idea, an idea designed in Islamic education to be able to form students who have good moral character based on the Qur'an and Hadith. The crisis of morality becomes a problem for the nation and human life, due to a lack of self-guidance from internal and external factors. the purpose and benefits of this research are to analyze the concept of Islamic education during the Harun Ar-Rashid era, describe the character development of students in the process of Islamic education during the Harun Ar-Rashid period, become reference and learning material for future research and are related and relevant, become and provide references in the learning process of Islamic education that is more effective through efficient methods, showing the relevance of Islamic education during the time of the caliph Harun Ar-Rasyid to Islamic Education in Millennial Era Indonesia, proving that there is relevance of Islamic education in Millennial Era Indonesia to Islamic education during the time of Harun Ar-Rashid. This study research uses the library method, researchers use data analysis methods, namely historical analysis which can analyze the history of Islamic education during the time of Harun Ar-Rashid, then use descriptive analysis to be able to explain events during the time of Harun Ar-Rashid in developing Islamic education to achieve glory , the latter is the ex post facto method, namely, to link the concept of Islamic education during the Abbasid Dynasty to the leadership of Must Ar-Rashid and Islamic Education in the Millennial Era. The results of this study research indicate that the concept of Islamic education in Harun ar-Rashid's thought leads to the formation of the morals or character of students, namely first, the readiness of the teacher means that an educator must be professional and students must obey educators, second, an educator must teach Al�Qur'an and Sunnah, the third teaches art, the fourth teaches rhetoric, namely educators can provide learning to be able to communicate well in social society so that it can be adapted to the interlocutor. Furthermore, in strengthening the nation's character, there are five concepts to strengthen character education in Islamic education, namely Integrity, Humanism, Spirituality, Adaptability, Nationalism. Keywords : Islamic Education, Harun Ar-Rasyid, Millenial Era

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:58
Last Modified: 07 Jul 2023 07:58
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28812

Actions (login required)

View Item View Item