IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG

SITI, ROFIQOH (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN AKIDAH AKHLAK DALAM MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS VIII DI MTS DARUL HUDA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover bab 1- 2&dapus.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of Full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (17MB)

Abstract

ABSTRAK Pembelajaran akidah akhlak adalah proses perubahan baik tingkah laku maupun pengetahuan dengan melalui interaksi antar guru dan peserta didik di dalam kelas yang di dalamnya terdapat materi akidah akhlak serta mengajarkan keimanan, masalah ke Islaman, kepatuhan dan ketaatan dalam menjalankan syariat Islam menurut agama sehingga terbentuk pribadi yang berakhlak mulia, dan merupakan pendidikan yang tidak hanya menekankan pada aspek intelektual saja, tetapi aspek moral dan bertujuan membentuk seseorang yang berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran mata pelajaran akidah akhlak pada peserta didik dan mengetahui hasil pembelajaran mata pelajaran Akidah Akhlak dalam pembentukan karakter peserta didik di MTs Darul Huda Bandar Lampung. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif , sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder dengan tekhnik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan cara reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini bahwa (1) Implementasi Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta didik di MTs Darul Huda Bandar Lampung adalah guru memberikan keteladanan tercermin dari sikap, perkataan dan perbuatan dan seluruh dan seluruh unsur sekolah harus memberi teladan bagi peserta didik disamping itu guru juga menggunakan beberapa metode seperti, metode ceramah, tanya jawab, penugasaan, diskusi, keteladanan, pembiasaan dan (2) Faktor Pendukung Pelaksanaan Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Karakter Peserta didik di MTs Darul Huda Bandar Lampung yaitu pendidik, keluarga, lingkungan masyarakat. Sedangkan faktor penghambat kurangnya sarana dan prasarana, pengaruh budaya asing, pengaruh arus global, serta faktor penggunaan tekhnologi. Kata Kunci: Pembelajaran, Akidah Akhlak, Karakter iv ABSTRACT Aqidah Akhlak learning is a process of changing both behavior and knowledge through interaction between teachers and students in the classroom in which there is material on aqeedah morals and teaches faith, Islamic issues, obedience and obedience in carrying out Islamic law according to religion so that a person who is have a noble character, and is an education that does not only emphasize the intellectual aspect, but also the moral aspect and aims to form a person with character. This study aims to determine the implementation of learning in Akidah Akhlak subjects for students and to find out the learning outcomes of Akidah Akhlak subjects in the character building of students at MTs Darul Huda Bandar Lampung. This research is a descriptive qualitative research, the data sources used are primary data and secondary data with data collection techniques through observation (observation), interviews (interviews) and documentation. Data analysis in this study by means of data reduction, data presentation and conclusions. Based on the results of this study that (1) Implementation of Learning Aqidah Akhlak in the Character Formation of Learners at MTs Darul Huda Bandar Lampung is that teachers provide exemplary reflected in attitudes, words and deeds and all and all elements of the school must set an example for students besides that the teacher also using several methods such as the lecture method, question and answer, assignment, discussion, exemplary, habituation and (2) Supporting Factors for the Implementation of Akhlak Aqidah Learning in the Formation of Student Character at MTs Darul Huda Bandar Lampung namely educators, family, community environment. While the inhibiting factors are the lack of facilities and infrastructure, the influence of foreign culture, the influence of global currents, and the use of technology. Keywords: Learning, Moral Beliefs, Character

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 07 Jul 2023 07:12
Last Modified: 07 Jul 2023 07:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28810

Actions (login required)

View Item View Item