PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN 2 TATAKARYA LAMPUNG UTARA

ANISYAH, NOVIA NINGTIAS (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS NARASI SISWA KELAS IV SDN 2 TATAKARYA LAMPUNG UTARA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi ANISYAH NOVIA NINGTIAS.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh kondisi peserta didik dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia pada materi menulis narasi. Menulis narasi merupakan materi yang telah diajarkan kepada siswa disekolah dasar mulai dari kelas rendah sampai kelas tinggi, namun pada siswa kelas IV SDN 2 Tatakarya Lampung Utara masih mengalami beberapa masalah dalam menulis narasi antara lain; kurang menariknya pembelajaran dikelas karena tidak adanya media pembelajaran yang mendukung, hasil keterampilan menulis narasi siswa masih kurang dalam menciptakan ide gagasan, siswa masih sulit dalam menulis cerita secara kronologis, dan masih kurang tepatnya menggunakan ejaan bahasa dan tanda baca pada penulisaan narasi. Dalam hal ini peneliti berusaha mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan menggunakan media pembelajaran video animasi terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 2 Tatakarya Lampung Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran video animasi terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 2 Tatakarya Lampung Utara. Pada penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen dan jenis eksperimen Quasi Eksperimen Desain. Pengambilan sampel pada penelitian ini terdiri dari dua kelompok kelas antaranya kelas IV B sebagai kelas eksperimen dan kelas IV A sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis narasi yaitu pretest dan posttest. Analis data yang digunakan penelitian menggunakan uji t dimana sebelum dilakukan uji t data diuji dahulu dengan uji prasyarat yaitu uji normalitas dan homogen. Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat dikatakan bahwa media pembelajaran video animasi terhadap keterampilan menulis narasi dalam perhitungan Uji-t di dapatkan nilai Sig. 0,001 maka jika nilai Sig. 0,05 (5%) pada Sig. (2-tailed) maka H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan Media pembelajaran video animasi terhadap keterampilan menulis narasi siswa kelas IV SDN 2 Tatakarya Lampung Utara, dan dapat berdampak positif dalam proses pembelajaran dan hasil belajar peserta didik. Kata Kunci : Media Pembelajaran Video Animasi, Keterampilan Menulis Narasi ABSTRACT This research is motivated by the condition of students in Indonesian subjects in narrative writing material. Narrative writing is material that has been taught to students in elementary schools ranging from low grades to high grades, however, fourth grade students at SDN 2 Tatakarya North Lampung still experience some problems in writing narratives, including; less interesting learning in class because there is no supporting learning media, the results of students' narrative writing skills are still lacking in creating ideas, students are still difficult to write stories chronologically, and are still not precise in using language spelling and punctuation in narrative writing. In this case the researcher is trying to overcome the problems faced by using animated video learning media on the narrative writing skills of fourth grade students at SDN 2 Tatakarya North Lampung. The purpose of this study was to determine the effect of animated video learning media on the narrative writing skills of fourth grade students at SDN 2 Tatakarya North Lampung. In this study, a quantitative experimental approach was used and the type of experiment was Quasi-Experimental Design. Sampling in this study consisted of two class groups including class IV B as the experimental class and class IV A as the control class. The data collection technique used a narrative writing test, namely the pretest and posttest. The data analyst used in this study used the t test where before the t test the data was tested first with the prerequisite test, namely the normality and homogeneous test. Based on the results of data analysis, it can be said that the animated video learning media on narrative writing skills in the calculation of the t-test gets the value of Sig. 0.001 then if the Sig. 0.05 (5%) on Sig. (2-tailed) then H0 is rejected and H1 is accepted. It can be concluded that there is a significant influence of animated video learning media on the narrative writing skills of fourth grade students at SDN 2 Tatakarya North Lampung, and can have a positive impact on the learning process and student learning outcomes. Keywords: Animated Video Learning Media, Narrative Writing Skills

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 06 Jul 2023 08:00
Last Modified: 06 Jul 2023 08:00
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28803

Actions (login required)

View Item View Item