Bella, Asmara Putri (2023) MEMBANGUN PENDIDIKAN KARAKTER ANAK USIA DINI MELALUI BUDAYA SEKOLAH DI TK QURROTA A’YUN TELUK BETUNG TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Karakter merupakan tabiat, watak, sifat-sifat kejiwaan, akhlak atau budi pekerti yang membedakan seseorang dari yang lain. Dalam konteks ini adalah suatu proses atau usaha yang dilakukan untuk membina, membentuk tabiat, watak, dan tingkah laku yang baik berlandaskan nilai-nilai Pancasila. Membentuk karakter memang tidak semudah membalik telapak tangan, jika karakter ibarat sebuah bangunan yang kokoh, butuh waktu yang lama dan energi yang tidak sedikit untuk mengubahnya. berbeda dengan bangunan yang tidak permanen yang menggunakan bahan-bahan rapuh, maka mengubahnya pun akan lebih cepat dan mudah. Tetapi karakter bukanlah sesuatu yang mudah diubah, maka tidak ada pilihan lain bagi kita semua kecuali membentuk karakter anak mulai sejak dini. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dengan metode penelitian kualitatif deskriptif yang melibatkan guru, dan anak, Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana budaya sekolah dalam membangun karakter anak di Tk Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan subyek peneliti 15 anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis secara kualitatif dengan cara pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesipulan. Sedangkan obyek penelitian adalah Membangun Karakter Anak Usia Dini Melalui Budaya Sekolah Usia 4-5 Tahun di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Penelitian ini dilakukan di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur, berlangsung dari tanggal 19 januari 2023 – 19 februari 2023. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa membangun pendidikan karakter anak usia dini melalui budaya sekolah di TK Qurrota A’yun Teluk Betung Timur berperan dengan baik, hal ini disebabkan karena adanya pendidikan keteladanan yang dilakukan oleh guru disekolah baik dalam perkataan, perbuatan, sikap dan perilaku yang dapat membantu anak mengetahui rasa disiplin, jujur, bekerja sama dan tanggung jawab. Dan juga mengajarkan anak untuk bisa mengenal dan mengontrol dirinya agar memiliki sikap mampu iv mematuhi aturan-aturan yang ada. Dalam melaksanakan pembelajaran dalam mengembangkan membangun karakter anak melalui budaya sekolah, dengan menggunakan pembiasaan dan keteladanan disekolah sebagai berikut: 1) mengajarkan perbuatan jujur, 2) mengajarkan anak tentang sikap tanggung jawab, 3) mengajarkan anak tentang perbuatan disiplin, 4) bekerja sama dengan temannya. Kata kunci: Karakter, Budaya Sekolah. v ABSTRACT Character is character, character, psychological traits, morals or manners that distinguish one person from another. In this context, it is a process or effort made to foster, shape good character, character and behavior based on Pancasila values. Forming a character is not as easy as turning the palm of the hand, if the character is like a solid building, it takes a long time and a lot of energy to change it. different from non-permanent buildings that use fragile materials, changing them will be faster and easier. But character is not something that can be easily changed, so there is no other choice for all of us except to shape children's character from an early age. This research use a type of research with a descriptive qualitative research method involving teacher and children. This research was conducted in kindergarten Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Sample childrens in kindergarten Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Data collection is done by using observation, interviews, and documentation. As for the results of the study it shows that building character eduacation for early childhood in kindergarten Qurrota A’yun Teluk Betung Timur. Play good a role, this is because there is exemplary education carried out by teacher at school both in words, deeds attitudes and behaviour that can help children know a sense of discipline, honesty, cooperation and responbility. And also teaches children to be able to recognize and not control themselves so that they have an attitude of being able to comply with existing rules. In carriying out learning in developing the character of early childhood through school culture by using refraction and exemplary at school as follows. Teach honest deeds, teach children about responsible attitudes, taech children about disciplinary action, work together with the theme. Keywords: Character, Culture Builds
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 06 Jul 2023 07:52 |
Last Modified: | 06 Jul 2023 07:52 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28802 |
Actions (login required)
View Item |