PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR

HENDRI, SAPUTRA (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN POE BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA TERHADAP KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS DITINJAU DARI GAYA BELAJAR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI (COVER - BAB I - II & DAPUS).pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Penalaran matematis merupakan suatu tahapan alur berpikir dalam mengambil sebuah kesimpulan dari suatu data yang telah diuji kebenarannya. Berdasarkan hasil pra penelitian terhadap siswa SMP N 3 Rebang Tangkas diperoleh rata rata hasil kemampuan penalaran matematis siswa masih rendah yang hal itu diakibatkan karna kurang tepatnya suatu model pembelajaran yang digunakan pendidik ketika proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh dari diterapkannya model pembelajaran POE berbantuan geogebra terhadap kemampuan penalaran matematis, mengetahui apakah terdapat pengaruh gaya belajar siswa terhadap kemampuan penalaran, dan mengetahui apakah terdapat interaksi antara model dan gaya belajar terhadap kemampuan penalaran matematis Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis Quasy Experimental. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII SMP Negeri 03 Rebang Tangkas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 2 kelas yaitu kelas VIII B sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran POE berbantuan aplikasi geogebra dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional. Adapun teknik pengambilan sampel menggunakan Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji normalitas dan homogenitas, kemudian dilanjutkan dengan uji hipotesis yaitu dengan menggunakan Anova dua jalan (Two Way Anova) sel tak sama dengan taraf signifikansi 0,05 dan didapat bahwa (1) Terdapat pengaruh model pembelajaran POE berbantuan geogebra terhadap kemampuan penalaran matematis, (2) Tidak terdapat pengaruh antara peserta didik dengan gaya belajar visual, auditori dan kinestetik terhadap kemampuan penalaran matematis, (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran POE berbantuan geogebra dan gaya belajar peserta didik terhadap kemampuan penalaran matematis. Kata Kunci: Model Pembelajaran POE Berbantuan Geogebra, Penalaran Matematis, Gaya Belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2023 07:06
Last Modified: 05 Jul 2023 07:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28793

Actions (login required)

View Item View Item