PELAKSANAAN LAYANAN IN FORMAS I DALAM MENGATASI KURANG PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG

Ayu, Arrad Oktavier Ayson (2023) PELAKSANAAN LAYANAN IN FORMAS I DALAM MENGATASI KURANG PERCAYA DIRI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 15 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1-2&DAPUS.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

ABSTRAK Pada dasarnya memiliki sikap rasa kurang percaya diri merupakan suatu hal yang dimiliki individu, karena adanya rasa kurang percaya diri akan melihat totalitas diri sendiri mengenai tentang karakteristik kepribadian, nilai-nilai kehidupan, moralitas. Dimana keberadaan layanan Bimbingan Konseling di sekolah berperan membantu peserta didik untuk mengetahui berbagai informasi, mengajak peserta didik untuk tidak ragu�ragu dalam mencapai aktualisasi diri yang positif. Salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling adalah layanan infor�masi, dimana dalam layanan informasi dipercaya dapat membawa pengaruh positif terhadap peserta didik yang memiliki rasa kurang percaya diri. Dengan mengikuti layanan informasi peserta didik yang awalnya cenderung pasif dan pendiam diajarkan untuk berani mengungkapkan pendapat. Sehingga mampu merubah pola pikir, kebiasaan dan tingkah laku dalam sehari-hari menjadi lebih positif dalam melakukan segala hal yang berhubungan dengan rasa percaya diri.Tujuan penelitian ini yaitu, untuk mengetahui keadaan kurang percaya diri peserta didik kelas VII di SMP Negeri 15 Bandar Lampung, untuk mengetahui pelaksanaan layanan informasi oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kurang percaya diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 Bandar Lampung, untuk mengetahui evaluasi dan hasil pelaksanaan layanan informasi oleh guru bimbingan konseling dalam mengatasim kurang percaya diri di SMP Negeri 15 Bandar Lampung. Metode penelitian yang di gunakan oleh penulis adalah kualitatif deskriptif berlandasan studi kasus. Teknik pengumpulan data yaitu dengan, wawancara, observasi, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan pelaksanaan layanan informasi oleh guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kurang percaya diri peserta didik kelas VII SMP Negeri 15 iv Bandar Lampung terlaksana dengan baik, karna dilihat dari pengamatan yang ada bahwa peserta didik menunjukkan perubahan yang signifikan yang bertahap dapat merubah perilakunya yang negatif menjadi perilaku positif. Peserta didik awal mulanya mengalami kurang percaya diri bisa merubah perilaku ke yang lebih baik, seperti yang awalnya enggan untuk tampil di depan kelas setelah mengikuti kegiatan menjadi lebih yakin dan berani untuk menyampaikan pendapatnya sesuai dengan pemikirannya, sehingga sangat membantu peserta didik agar dapat belajar dan memperoleh prestasi yang baik di sekolah sehingga dapat berkembang lebih optimal lagi. Kata Kunci : Layanan Informasi, Kurang Percaya Diri v ABSTRACT Basically having an attitude of lack of self-confidence is something that is owned by individuals, because a lack of self�confidence will see the totality of oneself regarding personality characteristics, life values, morality. Where the existence of Counseling Guidance services in schools plays a role in helping students find various information, inviting students not to hesi�tate in achieving positive self-actualization. One of the services in guidance and counseling is information services, where in�formation services are believed to have a positive influence on students who have a lack of self-confidence. By participating in information services, students who initially tend to be passive and quiet are taught to have the courage to express opinions. So as to be able to change mindsets, habits and behavior in every�day life to be more positive in doing everything related to self�confidence. The purpose of this research is to find out the lack of self-confidence of class VII students at SMP Negeri 15 Bandar Lampung, to find out the implementation of information services by guidance and counseling teachers in overcoming lack of con�fidence in class VII students of SMP Negeri 15 Bandar Lam�pung, to find out the evaluation and results of implementing in�formation services by guidance and counseling teachers in overcoming lack of confidence in SMP Negeri 15 Bandar Lam�pung. The research method used by the author is descriptive qualitative based on case studies. Data collection techniques, namely by interviews, observation, and documentation. The results showed that the implementation of information services by guidance and counseling teachers in overcoming the lack of self-confidence of class VII students of SMP Negeri 15 Bandar Lampung was carried out well, because it was seen from the existing observations that students showed significant vi changes that gradually changed their negative behavior to posi�tive behavior. Students initially experience a lack of confidence in being able to change their behavior to a better one, such as those who were initially reluctant to appear in front of the class after participating in activities to become more confident and courageous to express their opinions according to their thoughts, so it really helps students to be able to learn and ac�quire good achievement in school so that it can develop more optimally. Keywords: Information Services, Lack of Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:50
Last Modified: 05 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28790

Actions (login required)

View Item View Item