IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 110 TAHUN 2016 TENTANG BADAN PERMUSYAWARATAN DESA PERSPEKTIF SIYASAH TANFIZIYYAH (Studi Di BPD Desa Sumber Agung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan)

Selvia, Ayu Fahwati (2023) IMPLEMENTASI PASAL 6 PERATURAN MENTERI DALAM NEGERI NOMOR 110 TAHUN 2016 TENTANG BADAN PERMUSYAWARATAN DESA PERSPEKTIF SIYASAH TANFIZIYYAH (Studi Di BPD Desa Sumber Agung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI Selvia Ayu Fahwati fix.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Badan Permusyawaratan Desa (BPD) merupakan perwakilan dari masyarakat desa, hal ini tertuang pada Pasal 6 Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 yang mana dalam pengisian anggota BPD meliputi keterwakilan wilayah dan keterwakilan perempuan. Pelaksanaan pengisian anggota BPD di Desa Sumber Agung telah dilaksanakan pada tanggal 1 Juli 2018. Dalam pelaksanaan pengisian anggota tersebut berpedoman pada Perda Kabupaten Lampung Selatan Nomor 6 Tahun 2015 dan dilaksanakan di Desa Sumber Agung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu: (1) Bagaimana implementasi Pasal 6 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa; (2) Bagaimana pandangan Siya>sah Tanfiziyyah terhadap implementasi Pasal 6 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 110 Tahun 2016 Tentang Badan Permusyawaratan Desa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research), dalam hal ini dengan melihat fakta di lapangan terhadap bagaimana pelaksanaan pengisian anggota BPD di Desa Sumber Agung. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi. Data primer didapatkan melalui wawancara dengan responden terkait pelaksanaan pengisian anggota BPD, sedangkan data sekunder berupa data catatan, dokumen, laporan, dan arsip resmi dari pihak terkait. Selain itu, data sekunder lainnya dilakukan dengan melakukan studi pustaka, yang bersumber dari buku, jurnal, karya ilmiah, dan lain-lain. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa dalam pelaksanaan pengisian anggota BPD di Desa Sumber Agung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan pada tanggal 1 Juli 2018, telah mengikuti aturan yang dibuat di dalam mekanisme pengisian anggota BPD, yaitu memenuhi kriteria syarat anggota BPD, melibatkan keterwakilan wilayah, keterwakilan perempuan, serta jumlah anggota BPD ditentukan berdasarkan jumlah penduduk dan ditetapkan secara proporsional. Sedangkan menurut Pandangan siya>sah tanfiziyyah terhadap Implementasi Pasal 6 Permendagri Nomor 110 Tahun 2016 tentang BPD pada Pengisian anggota BPD Desa Sumber Agung Kecamatan Way Sulan Kabupaten Lampung Selatan secara umum kurang sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam siya>sah tanfiziyyah. Hal ini dibuktikan dengan BPD di Desa Sumber Agung belum sepenuhnya mengikuti konsep Amanah seperti yang terdapat dalam tugas maupun fungsinya dari Ahlul Halli Wa Al-aqdi. Kata Kunci: BPD, Pengisian Anggota, Implementasi, Siya>sah Tanfiziyyah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2023 06:41
Last Modified: 05 Jul 2023 06:41
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28788

Actions (login required)

View Item View Item