STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN DESA WISATA BENDUNGAN TIRTA SHINTA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara)

AYU, ASSANA (2023) STRATEGI PENINGKATAN EKONOMI MASYARAKAT MELALUI PENGELOLAAN DESA WISATA BENDUNGAN TIRTA SHINTA DALAM PERSPEKTIF EKONOMI ISLAM (Studi di Desa Wonomarto, Kecamatan Kotabumi Utara, Kabupaten Lampung Utara). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of AYU FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Perkembangan ekonomi di dunia pariwisata merupakan salah satu hal yang harus selalu dikembangkan, guna memberikan kesejahteraan bagi masyarakat yang memiliki sumber daya alam yang mendukung. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu Bagaimana peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan Desa Wisata dan Bagaimana strategi yang dilakukan oleh masyarakat Desa Wonomarto untuk meningkatkan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan desa wisata Bendungan Tirta Shinta menurut perspektif Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui terdapat peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengelolaan Desa Wisata Bendungan Tirta Shinta di Desa Wonomarto menurut perspektif Islam Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian lapangan, sehingga peneliti menggunakan instrument penelitian wawancara dan dokumentasi untuk mengumpulkan data penelitian di tempat wisata Bendungan Tirta Shinta. Penelitian ini menggunakan sumber data penelitian primer dan sekunder, yang mana data sekunder didapatkan dari dokumentasi Desa Wonomarto serta jurnal dan referensi lainya, sedangkan data primer di dapatkan dari hasil wawancara. Hasil dari penelitian ini adalah Peningkatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengelolaan Desa Wisata Bendungan Tirta Shinta di Desa Wonomarto dapat disimpulkan bahwa kegiatan yang dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan memperbaiki kondisi sosial dan ekonomi termasuk dalam kategori amal yang baik dan dianjurkan dalam agama Islam. Strategi Yang Dilakukan Oleh Masyarakat Desa Wonomarto Untuk Meningkatkan Ekonomi Melalui Pengelolaan Desa Wisata Bendungan Tirta Shinta menurut pespektif islam, dengan menggunakan strategi yang digunakan masuk ke dalam penyediaan rencana induk pengembangan desa, pengoptimalan promosi dan dukungan regulasi untuk memaksimalkan pembangunan ekonomi dan menerapkan sistem halal tourism. Kata kunci : Strategi Peningkatan ekonomi masyarakat, pengelolaan desa Wisata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 05 Jul 2023 03:35
Last Modified: 05 Jul 2023 03:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28784

Actions (login required)

View Item View Item