PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI TK BANGSA RATU BANDAR LAMPUNG

KENI, DIANA (2023) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KINERJA GURU DI TK BANGSA RATU BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 2 DAPUS.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of KENI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Adanya guru yang kurang disiplin serta ketidaksesuaian pelaksanaan pembelajaran dengan rencana pembelajaran, serta kurangnya semangat guru dalam melaksanakan kinerjanya sangat memerlukan peran yang baik dari kepala sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengenalisis peran yang dilaksanakan oleh kepala sekolah dalam meningktkan kinerja guru TK. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan desain grounded theory, pengumulan data dilakukan dengan wawancara pada kepala sekolah dan lima orang guru,observasi serta analisis dokumen. Data kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis interaktif yang dikembangkan oleh Milles and Huberman (reduksi, penyajian data dan penarikan kesimpulan) Hasil Penelitian menunjukan kepala sekolah telah melaksanakan perannya dengan baik, ada empat peran yang dilaksanakan oleh kepala Sekolah yaitu: ) Menciptakan suasana lingkungan yang nyaman dan aman bagi guru; ) Memberikan teladan pada guru; ) Memberikan penghargaan dan teguran; dan ) Memberikan wadah untuk mengembangkan profesi guru. selain itu juga dengan adanya peran yang dilaksanakan oleh kepala sekolah, kinerja guru dapat meningkat dengan baik. Kata Kunci: Guru, Kepala Sekolah, Peran, Kinerja iv ABSTRACT The existence of teachers who lack discipline and the mismatch of learning implementation with lesson plans, as well as the lack of enthusiasm of teachers in carrying out their performance really requires a good leadership role from the principal. This study aims to analyze the leadership role carried out by school principals in improving early childhood teacher performance. This research uses qualitative methods with grounded theory design, data collection is done by interviewing the principal and five teachers, observation and document analysis. The data were then analyzed using interactive analysis techniques developed by Milles and Huberman (reduction, display and verification). The results showed that the principal had carried out his leadership role well, there were four roles carried out by the principal, namely: ) Creating a comfortable and safe environment for teachers; ) Provide examples to teachers; ) Give awards and reprimands; and ) Provide a forum for developing the teacher profession. besides that, with the leadership role carried out by the principal, teacher performance can improve well. Keywords: Teacher, Principal, Leadership, Performance

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:50
Last Modified: 04 Jul 2023 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28778

Actions (login required)

View Item View Item