PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DI SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG

RAHMADEHIA, FITRI YANI (2023) PERAN GURU BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA DI SMK NEGERI 3 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI RAHMADEHIA FITRI YANI_1911080365.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Komunikasi antarpribadi peserta didik saat ini masih menjadi masalah utama. Melalui komunikasi antarpribadi peserta didik dapat mengelola hubungan yang baik, dari keseluruhan kegiatan proses belajar mengajar yang berlangsung di sekolah. Bimbingan dan Konseling mempunyai peran dalam pembinaan pribadi peserta didik agar dapat mencapai tujuan yang diharapkan, membantu peserta didik agar memiliki kompetensi. Kondisi komunikasi antarpribadi peserta didik di SMK Negeri 3 Bandar Lampung menunjukkan kurang memenuhi indikator komunikasi efektif. Guru bimbingan dan konseling berperan penting dalam mengarahkan peserta didik selama bimbingan kelompok berbasis sosiodrama. Pelajar dapat dibantu untuk mengatasi masalah korespondensi relasional dan dibujuk untuk berpartisipasi secara efektif dalam konseling kelompok melalui teknik sosiodrama. Sehingga permasalahan terkait kurangnya empati, respect, dan sikap humble dapat teratasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan komunikasi antarpribadi melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di SMK Negeri 3 Bandar Lampung. Pendekatan penelitian yang dilakukan adalah kualitatif menggunakan metode seperti wawancara, observasi, dan analisis dokumen. Populasi Penelitian ini mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini dengan cara melalui obervasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun subjek penelitian ini adalah Guru Bimbingan Konseling dan peserta didik kelas X Jurusan Kecantikan. Sedangkan objek penelitian ini meningkatkan komunikasi antarpribadi melalui bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode sosiodrama dianggap berhasil memperluas pergaulan peserta didik mengingat hasil pemeriksaan tugas mengarahkan guru dalam mengerjakan korespondensi relasional melalui pengarahan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama di SMK Negeri 3 Bandar Lampung. Peserta didik berpartisipasi secara efektif dalam konseling kelompok melalui teknik sosiodrama. Sehingga permasalahan terkait kurangnya empati, respect, dan sikap humble dapat teratasi. Mayoritas peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan sosiodrama dan bimbingan kelompok. Beberapa peserta didik perlu iii didorong lebih lanjut untuk berpartisipasi secara aktif dalam kelompok. Peserta didik menunjukkan peningkatan dalam pemahaman komunikasi yang efektif dalam kehidupan sehari-hari. Dan masih perlu bimbingan tambahan dalam mengembangkan keterampilan komunikasi antarpribadi. Agar peserta didik mengalami perubahan sikap yang positif terhadap komunikasi antarpribadi. Adanya kolaborasi dan kerjasama yang baik dalam menyelesaikan tugas dan mengatasi konflik dalam kelompok. Beberapa peserta didik masih perlu bimbingan tambahan dalam membangun hubungan yang lebih baik dan meningkatkan keterlibatan dalam kelompok. Proses layanan bimbingan kelompok yang dilakukan guru Bimbingan dan Konseling terlaksana dengan baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa yang diberikan guru Bimbingan dan Konseling melalui kegiatan layanan bimbingan kelompok dengan teknik sosiodrama dapat meningkatkan komunikasi antarpribadi peserta didik. Rekomendasi untuk Guru Bimbingan dan Konseling, penting untuk memahami konsep sosiodrama dan komunikasi antarpribadi serta mengikuti pelatihan tambahan. Sekolah perlu mendukung program bimbingan kelompok dengan sosiodrama dan melibatkan peserta didik, serta mengintegrasikan hasilnya ke dalam lingkungan sekolah. Peserta didik harus aktif dan terlibat dalam program, memanfaatkan kesempatan untuk belajar, dan memberikan umpan balik. Penelitian selanjutnya perlu melibatkan sampel yang lebih besar dan metode penelitian yang lebih kuat, serta mengeksplorasi faktor-faktor lain yang mempengaruhi efektivitas program, dengan tindak lanjut jangka panjang untuk melihat keberlanjutan perubahan pada peserta didik. Kata Kunci: Peran guru bimbingan dan konseling, Komunikasi Antarpribadi, Bimingan Kelompok, Teknik Sosiodrama iv ABSTRACT ABSTRACT Student interpersonal communication is still a major problem. Through interpersonal communication students can manage good relationships, from the entire teaching and learning process that takes place at school. Guidance and Counseling has a role in the personal development of students in order to achieve the expected goals, helping students to have competence. The condition of interpersonal communication among students at SMK Negeri 3 Bandar Lampung shows that they do not meet the indicators of effective communication. Guidance and counseling teachers play an important role in directing students during sociodrama-based group guidance. Students can be helped to overcome problems of relational correspondence and persuaded to participate effectively in group counseling through the technique of sociodrama. So that problems related to lack of empathy, respect, and humility can be resolved. This study aims to determine the role of guidance and counseling teachers in improving interpersonal communication through group guidance with the sociodrama technique at SMK Negeri 3 Bandar Lampung. The research approach used is qualitative using methods such as interviews, observation, and document analysis. The population of this study includes planning, implementation and evaluation activities. Data collection techniques used in this study by way of observation, interviews, and documentation. The subjects of this study were Counseling Teachers and Class X students of the Beauty Department. While the object of this research is to improve interpersonal communication through group guidance with the sociodrama technique. Data analysis techniques used are data reduction, data display, conclusion and verification. The results of this study indicate that group counseling using the sociodrama method is considered successful in broadening the association of students considering the results of the examination of the task of directing the teacher in working on relational correspondence through group guidance briefing using the sociodrama technique at SMK Negeri 3 Bandar Lampung. Students participate effectively in group counseling through sociodrama techniques. So that problems related to lack of empathy, respect, and humility can be resolved. The majority of students are actively involved in sociodrama activities and group guidance. Some students need to be further encouraged to participate actively in groups. Learners show an increase in understanding effective communication in everyday life. And still need additional guidance in developing interpersonal v communication skills. So that students experience positive attitude changes towards interpersonal communication. There is good collaboration and cooperation in completing tasks and overcoming conflicts in groups. Some students still need additional guidance in building better relationships and increasing involvement in groups. The process of group guidance services carried out by the Guidance and Counseling teachers was carried out well. Thus it can be concluded that what is given by the Guidance and Counseling teacher through group guidance service activities with the sociodrama technique can improve students' interpersonal communication. Recommendations for Guidance and Counseling Teachers, it is important to understand the concepts of sociodrama and interpersonal communication and to attend additional training. Schools need to support group guidance programs with sociodrama and involve students, as well as integrate the results into the school environment. Learners must be active and involved in the program, take advantage of opportunities to learn, and provide feedback. Further research needs to involve a larger sample and stronger research methods, as well as explore other factors that influence program effectiveness, with long�term follow-up to see the sustainability of changes in students. Keywords: The role of the guidance and counseling teacher, Interpersonal Communication, Group Guidance, Sociodrama Techniques

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2023 06:16
Last Modified: 04 Jul 2023 06:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28777

Actions (login required)

View Item View Item