EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK KURSI KOSONG TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK DI SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG

FITRI, AMALIA ALKATIRI (2023) EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK KURSI KOSONG TERHADAP KEPERCAYAAN DIRI PADA PESERTA DIDIK DI SMA YADIKA BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kepercayaan diri merupakan sikap positif seorang individu yang memampukan dirinya untuk mengembangkan penilaian positif, baik terhadap diri sendiri maupun terhadap lingkungan/situasi yang dihadapinya. Kepercayaan diri merupakan sikap yakin terhadap sesuatu. Segala tantangan hidup apapun dapat dihadapi dengan baik, jika mempunyai kepercayaan diri. Kepercayaan diri dapat dibentuk dengan belajar terus menerus, tidak ada perasaan takut jika berbuat salah dan menerapkan pengetahuan yang sudah dipelajari. Kepercyaan diri merupakan salah satu aspek kepribadian yang berperan besar bagi keberhasilan seseorang dalam melakukan tugas hidupnya. Peserta didik mempunyai kebutuhan untuk kebebasan berpikir dan berperasaan sehingga peserta didik yang mempunyai kebebasan berpikir dan berperasaan akan tumbuh menjadi manusia yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Salah satu langkah pertama dan utama dalam membangun kepercayaan diri adalah memahami dan meyakini bahwa setiap manusia memilki kelebihan dan kelemahan masing-masing Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh layanan konseling individu dengan teknik kursi kosong terhadap kepercayaan diri pada peserta didik di SMA YADIKA Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah teknik kosong dengan layanan konseling individu dan memiliki satu subjek dalam penelitiannya yaitu seorang peserta didik di SMA YADIKA Bandar Lampung yang dalam kategori perilaku kepercayaan diri yang rendah. Instrument penelitian ini adalah panduan obervasi digunakan pada fase baseline AI, intervensi dan fase baseline A2. Analisis data menggunakan analisis dalam kondisi dan analisis antar kondisi,sajikan dalam bentuk tabel dan grafik. Hasil menunjukkan adanya perubahan terhadap perilaku kepercayaan diri yang di tunjukkan oleh TR. Pada fase baseline A1, terlihat kepercayaan diri belum adanya perubahan. Pada fase intervensi B, diberikan perlakuan dengan tahap-tahap teknik kursi kosong yang menunjukkan hasil adanya perubahan yang baik terhadap kepercayaan diri pada TR. Kemudian diberikan pengamatan kembali pada fase baseline A2 tanpa diberikan nya intervensi dan menunjukkan perubahan yang baik. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hasil data yang diperoleh, di dapat hasil persentase stabilitas pada kondisi baseline iii A1, intervensi, baseline A2. Pada baseline A1 mendapatkan hasil 0,33% dan pada kondisi intervensi 1,5 % dan pada baseline A2 mendapatkan hasil 1,33%, yang menunjukkan bahwasanya stabilitas tingkat kepercayaan diri pada tiap fase menjadi lebih baik, dari fase baseline A1 yang belum baik, kemudian pada fase intervensi semakin membaik, dan dilanjutkan sampai dengan fase baseline A2 yang tingkat kedisiplinan dalam kegiatan beribadah konseli sudah naik secara signifikan kearah yang baik. Kemudian kepercayaan diri pada fase baseline A1 dan fase intervensi B dengan persentase overlape mengalami perubahan sebesar 0,16%, sedangkan pada fase intervensi B dan baseline A2 mengalami perubahan yang stabil sebesar 1,67%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa kepercayaan pada diri peserta didik di SMA Yadika Bandar Lampung terdapat perubahan dengan menggunakan layanan konseling individu dengan teknik kursi kosong. Kata Kunci : Layanan Konseling Individu, Teknik Kursi Kosong, Kepercayaan Diri iv ABSTRACT Self-confidence is a positive attitude of an individual that enables him to develop a positive assessment, both of himself and of the environment/situation he faces. Self-confidence is a confident attitude towards something. Any life challenge can be faced well, if you have confidence. Self-confidence can be formed by learning continuously, not feeling afraid if you make mistakes and applying the knowledge you have learned. Self-confidence is one aspect of personality that plays a major role in a person's success in carrying out his life tasks. Learners have a need for freedom of thought and feeling so that learners who have freedom of thought and feeling will grow into humans who have high self-confidence. One of the first and main steps in building self-confidence is to understand and believe that every human being has their own strengths and weaknesses. This study aims to analyze the effect of individual counseling services with empty chair techniques on self-confidence in students at SMA YADIKA Bandar Lampung. This research is a study using the Single Subject Research (SSR) method with the A-B-A design. The data collection methods used are observation, interview, and documentation. The technique used is an empty technique with individual counseling services and has one subject in its research, namely a student at SMA YADIKA Bandar Lampung who is in the category of low self-confidence behavior. This research instrument is an observation guide used in the AI baseline phase, intervention and A2 baseline phase. Data analysis using analysis within conditions and analysis between conditions, present in the form of tables and graphs. The results show a change in the self-confidence behavior shown by TR. In the A1 baseline phase, it appears that self-confidence has not changed. In intervention phase B, treatment was given with the stages of the empty chair technique which showed good changes in TR's self�confidence. Then given another observation in the A2 baseline phase without being given the intervention and showing good changes. The results of data analysis show that the results of the data obtained, obtained the percentage of stability in baseline A1, intervention, baseline A2 conditions. At baseline A1 get the results of 0.33% and in the intervention condition 1.5% and at baseline A2 get the results of 1.33%, which shows that the stability of the level of self�confidence in each phase is getting better, from the baseline A1 phase which is not good, then in the intervention phase it gets better, and v continues until the A2 baseline phase where the level of discipline in the counselee's worship activities has increased significantly towards a good direction. Then self-confidence in baseline phase A1 and intervention phase B with a percentage overlape experienced a change of 0.16%, while in intervention phase B and baseline A2 experienced a stable change of 1.67%. Based on this, it can be stated that there is a change in the self-confidence of students at Yadika Bandar Lampung High School using individual counseling services with empty chair techniques. Keywords: Individual Counseling Services, Empty Chair Technique, Self-Confidence

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:56
Last Modified: 04 Jul 2023 04:56
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28775

Actions (login required)

View Item View Item