EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN BERIBADAH DI SMP AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG

SHINTIA, NURFADILLA (2023) EKSPERIMENTASI LAYANAN KONSELING INDIVIDU DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK DALAM KEGIATAN BERIBADAH DI SMP AL AZHAR 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (6MB)
[thumbnail of SKRIPSI SHINTIA NURFADILLA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Kedisiplinan dalam beribadah dapat menjadikan seseorang memiliki pengelolaan waktu dan diri dengan sangat baik. Kedisiplinan membuat seseorang sangat menghargai waktu dan bertanggung jawab dalam setiap pekerjaan. Kedisiplinan dalam hal beribadah dapat dilatih dengan pembiasaan diri melakukan sesuatu tepat waktu, tanggung jawab, perilaku yang baik, aktivitas yang bermanfaat dan tentunya semua itu dilakukan secara berkelanjutan. Kedisiplinan merupakan bagian terpenting dalam kehidupan yang harus dilakukan oleh setiap orang secara maksimal, karena melalui kedisiplinan, prestasi belajar peserta didik SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung dapat merubah menjadi lebih baik lagi. Peserta didik SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung merupakan individu yang mememiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam proses perkembangan memerlukan bantuan dalam mengenal jati diri terutama dilingkungan sekolah dan masyarakat. Beribadah mengajarkan kita untuk menjadi pribadi yang disiplin. Ketika seorang peserta didik disiplin dalam menjalankan ibadah maka ia akan cenderung memiliki pengaturan waktu yang baik. Beribadah juga dapat menghindarkan kita dari perbuatan yang tidak baik. Ketika peserta didik tertib melaksankan ibadah berarti ia melaksankan perintah Tuhan-Nya dan menjahui larangan-Nya. Mereka mampu mendorong diri sendiri untuk melaksankan kewajibannya sebagai seorang muslim. Mengatur waktu, mengendalikan emosi dan memotivasi diri sendiri merupakan bagian dari self management. Maka dari itu, bisa dikatakan bahwa salah satu keutamaan shalat lima waktu yaitu dapat meningkatkan self menegement pada peserta didik. Penelitian bertujuan untuk manganalisis pengaruh konseling individu dengan Teknik self management terhadap kedisiplinan dalam kegiatan beribadah pada peserta didik di SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian menggunakan metode Single Subject Research (SSR) dengan desain A-B-A. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik yang digunakan adalah Teknik self management dengan konseling individu dan memiliki satu subjek dalam penelitiannya. Hasil menunjukkan adanya perubahan dalam memperbaiki kedisiplinan dalam kegiatan beribadah oleh MR. Pada fase baseline A1 terlihat kedisiplinan dalam kegiatan beribadah menurun. Pada fase intervensi B, diberikan perlakuan dengan tahap�tahap Teknik self management yang menunjukan hasil ada perubahan kedisplinan dalam kegiatan beribadah pada MR. Kemudian diberikan iii pengamatan kembali pada fase baseline A2 tanpa diberikannya intervensi B, dan menunjukan perubahan yang stabil. Hasil analisis data menunjukan bahwa hasil data yang diperoleh, di dapat hasil persentase stabilitas pada kondisi baseline A1, intervensi, baseline A2. Pada baseline A1 mendapatkan hasil 33,33% dan pada kondisi intervensi 66,66% dan pada baseline A2 mendapatkan hasil 66,66%, yang menunjukkan bahwasanya stabilitas tingkat kedisiplinan dalam kegiatan beribadah pada tiap fase menjadi lebih baik, dari fase baseline A1 yang rendah, kemudian pada fase intervensi makin menaik serta membaik, dan dilanjutkan sampai dengan fase baselin A2 yang tingkat kedisiplinan dalam kegiatan beribadah konseli sudah naik secara signifikan kearah yang baik. kedisiplinan dalam kegiatan beribadah pada beseline A1 dan fase intervensi B sebesar 16,67 %, sedangkan pada fase intervensi B dan baseline A2 adanya perubahan yang stabil sebesar 66,66%. Berdasarkan hal tersebut, maka dapat dinyatakan bahwa kedisiplinan dalam kegiatan beribadah terhadap peserta didik kelas VIII SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung terdapat perubahan menjadi lebih baik pada Kedisiplinan dalam kegiatan beribadah dengan menggunakan konseling individu Teknik self management. Kata Kunci : Konseling Individu, Self Management, Kedisiplinan Dalam Kegiatan Beribadah iv ABSTRACT Discipline in worship can make a person have very good time and self-management. Discipline makes a person very respectful of time and responsible in every job. Discipline in terms of worship can be trained by habituating oneself to do things on time, responsibility, good behavior, useful activities and of course all of that is done on an ongoing basis. Discipline is the most important part of life that must be carried out by everyone to the fullest, because through discipline, the learning achievement of SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung students can change for the better. Students of SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung are individuals who have different characteristics in the development process and need help in recognizing their identity, especially in the school and community environment. Worship teaches us to be a disciplined person. When a learner is disciplined in carrying out worship, he will tend to have good time management. Worship can also prevent us from doing bad things. When learners are orderly in carrying out worship, it means that they carry out God's commands and avoid His prohibitions. They are able to encourage themselves to carry out their obligations as a Muslim. Managing time, controlling emotions and motivating yourself are part of self management. Therefore, it can be said that one of the virtues of the five daily prayers is that it can increase self-management in students. The study aims to analyze the effect of individual counseling with self management techniques on discipline in worship activities for students at SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung . This research is a study using the Single Subject Research (SSR) method with the A-B�A design. The data collection methods used are observation, interview, and documentation. The technique used is self management technique with individual counseling and has one subject in the study. The results showed a change in improving discipline in worship activities by MR. In the A1 baseline phase, it was seen that discipline in worship activities decreased. In the intervention phase B, treatment was given with the stages of the self management technique which showed the results of changes in discipline in worship activities in MR. Then observation was given again in the A2 baseline phase without the provision of intervention B, and showed stable changes. The results of data analysis show that the results of the data obtained, obtained the percentage of stability in baseline A1, intervention, baseline A2 conditions. At baseline A1 get the results 33.33% and in the intervention condition 66.66% and at baseline A2 v get the results 66.66%, which shows that the stability of the level of discipline in worship activities in each phase is getting better, from the low A1 baseline phase, then in the intervention phase it increases and improves, and continues until the A2 baselin phase where the level of discipline in worship activities of the counselee has increased significantly towards a good direction. Discipline in worship activities at baseline A1 and intervention phase B amounted to 16.67%, while in intervention phase B and baseline A2 there was a stable change of 66.66%. Based on this, it can be stated that discipline in worship activities for class VIII students of SMP Al Azhar 1 Bandar Lampung there is a change for the better in discipline in worship activities by using individual counseling Self management techniques. Keywords: Individual Counseling, Self Management, Discipline in Worship Activities

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:48
Last Modified: 04 Jul 2023 04:48
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28774

Actions (login required)

View Item View Item