NILAI SOSIAL KEAGAMAAN PADA TRADISI KENDURI MALAM TOWONG (Studi Di Desa Ambarawa III Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu)

AFIF, HANIFAH ALFAUZAN (2023) NILAI SOSIAL KEAGAMAAN PADA TRADISI KENDURI MALAM TOWONG (Studi Di Desa Ambarawa III Kecamatan Ambarawa Kabupaten Pringsewu). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Afif Hanifah Alfauzan.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[thumbnail of Skripsi Afif Hanifah Alfauzan.pdf] PDF
Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kenduri malam towong merupakan kenduri yang dilaksanakan pada malam sebelum hari pernikahan. Kenduri ini dilakukan sebagai sarana doa bersama agar pernikahan yang akan dilaksanakan esok hari dapat berjalan dengan lancer dari awal hingga akhir, dan mendoakan kedua mempelai menjadi keluarga yang sakinah, mawadah, dan warohmah. Fokus penelitian ini adalah mengelaborasi nilai-nilai sosial keagamaan dan solidaritas sosial pada tradisi kenduri malam towong di desa Ambarawa. Adapun rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana nilai sosial keagamaan yang terdapat dalam tradisi kenduri malam towong di desa Ambarawa dan bagaimana bentuk solidaritas sosial masyarakat di desa Ambarawa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai sosial keagamaan pada tradisi kenduri malam towong dan solidaritas sosial masyarakat desa Ambarawa. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif yang bersifat deskriptif, artinya menjelaskan kondisi masyarakat berdasarkan data yang bersifat apa adanya dilapangan. Teknik pengumpulan data yaitu observasi partisipan, wawancara langsung dan didukung dengan dokumentasi. Adapun pengambilan informan menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tradisi kenduri malam towong memiliki nilai-nilai sosial keagamaan diantaranya nilai silaturahmi, nilai kebersamaan, nilai kerjasama, dan nilai kekeluargaan. Bentuk solidaritas sosial atas dasar nilai sosial keagamaan pada masyarakat desa Ambarawa adalah solidaritas sosial mekanik. Terdapat empat bentuk fakta sosial yang mengkategorikan solidaritas sosial mekanik masyarakat desa Ambarawa diantaranya aspek wilayah (pedesaan), nurani kolektif, persamaan nilai moral, dan kesadaran kolektif. Kata Kunci: Nilai Sosial Keagamaan, Tradisi Kenduri Malam Towong.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 04 Jul 2023 04:12
Last Modified: 04 Jul 2023 04:12
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28772

Actions (login required)

View Item View Item