PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG

Sari, Fitria Ratna (2018) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN HIGHER ORDER THINGKING SKILL PESERTA DIDIK DI SMA MUHAMMADIYAH 2 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan yang terjadi di SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung dimana peserta didiknya belum memiliki higher order thingking skill. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk meningkatkan Higher Order Thingking Skill peserta didik kelas X pada materi Keanekaragaman Hayati di SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung. Jenis penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain penelitiannya factorial design. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Muhammadiyah 2 Bandarlampung. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dengan materi keanekaragaman hayati. Proses pengumpulan data peneliti menggunakan instrumen tes dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen berpikir kritis sebesar 88,4, sedangkan berpikir kreatif sebesar 90,8. Dan untuk nilai rata-rata posttest pada kelas kontrol berpikir kritis 58,4 dan berpikir kreatif sebesar 59,1. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi 2 jalan sel tak sama dengan taraf signifikan α= 0,05, 0,00 >α (0,05), H0 ditolak dan H1 diterima. Dimana hasil dari uji hipotesis a H1 sebesar 4,125 dan H0 3,19 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, selanjutnya uji hipotesis b H1 sebesar 46,8604 dan H0 3,19 artinya H0 ditolak dan H1 diterima, dan uji hipotesis c H1 sebesar 47,8000 dan H0 3,19 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa (1) pembelajaran biologi dengan menerapkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dapat meningkatkan Higher Order Thingking Skill peserta didik kelas X pada materi keanekaragaman hayati di SMA Muhammadiyah 2 Bandar Lampung. (2) Terdapat Penbedaan antara peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kritis dengan peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif. Dan (3) Terdapat interaksi antara model inkuiri terhadap Higher Order Thinking Skill peserta didik. Kata Kunci: Inkuiri Terbimbing, Higher Order Thingking Skill

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Brama Sari
Date Deposited: 08 Jan 2018 07:01
Last Modified: 08 Jan 2018 07:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2877

Actions (login required)

View Item View Item