PERAN APARAT KELURAHAN DALAM MENCEGAH KERUMUNAN WARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara)

AHMAD, JUNAIDI (2023) PERAN APARAT KELURAHAN DALAM MENCEGAH KERUMUNAN WARGA DI MASA PANDEMI COVID-19 PERSPEKTIF FIQH SIYASAH (Studi di Kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Cover Bab 1 -2 Dapus.pdf] PDF
Download (1MB)
[thumbnail of Skripsi Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kesehatan adalah hak setiap orang, baik individu, kelompok maupun masyarakat, sehingga kesehatan merupakan aset yang harus dijaga. Masyarakat saat ini sedang menghadapi problematika kesehatan yaitu Pandemi COVID-19 yang mulai menyebar ke berbagai daerah dan terus memaksa pemerintah untuk melakukan tindakan dalam proses pencegahan penularannya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui 1). Bagaimana peran aparat kelurahan dalam mencegah kerumunan warga di masa pandemi COVID-19 di kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara dan 2). Bagaimana Perspektif Fiqh Siyasah Tanfidziyyah terhadap peran Aparat Kelurahan dalam mencegah Kerumunan warga di masa Pandemi COVID-19 di Kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara. Penelitian ini menggunakan tekhnik pengumpulan data menggunakan Observasi, yaitu pengumpulan data dengan mengadakan pengamatan langsung terhadap objek yang diteliti, mengadakan wawancara dengan informan untuk mendapatkan informasi sebanyak mungkin dengan mengajukan berberapa pertanyaan. Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Peran Aparat Kelurahan dalam mencegah Kerumunan warga di masa pandemi COVID-19 di Kelurahan Tanjung Aman Kecamatan Kotabumi Selatan Lampung Utara telah maksimal yaitu dengan menerapkan protokol Kesehatan yang telah dibuat oleh pemerintah kelurahan namun, terdapat hambatan yang dihadapi yaitu diantaranya kurangnya kesadaran masyarakat dan kurangnya partisipasi masyarakat. Menurut perspektif Fiqh Siyasah Aparat Kelurahan adalah sebagai pemimpin dan pembuat kebijakan termasuk protokol kesehatan dalam upaya mencegah kerumunan warga di masa Pandemi COVID-19 bertujuan untuk mencapai kemashlahatan bagi masyarakat, kebijakan yang dikeluarkan aparat kelurahan kepada masyarakat yaitu pencegahan dan penanganan terhadap virus corona merupakan untuk menjaga keselamatan jiwa yang erat kaitannya untuk menjamin atas hak hidup manusia seluruhnya tanpa terkecuali.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2023 08:15
Last Modified: 27 Jun 2023 08:15
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28750

Actions (login required)

View Item View Item