MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) RODA PUTAR ANGKA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK AL-HIDAYAH BANDAR LAMPUNG

DINDA, AYU NATASYIA (2023) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI ALAT PERMAINAN EDUKATIF (APE) RODA PUTAR ANGKA UNTUK ANAK USIA DINI DI TK AL-HIDAYAH BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of Skripsi Dinda Ayu.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan kognitif anak di kelompok B TK Al-Hidayah masih tergolong rendah, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya anak masih lama menjawab pertanyaan yang diberikan dan juga kegiatan belajar yang monoton. Maka dari itu mendorong pendidik untuk mengembangkannya. Media roda putar adalah salah satu yang di gunakan untuk mengembangkan kognitif anak. Karena dengan memilih metode yang tepat maka dapat menjadi penunjang keberhasilan pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan media roda putar dan kemampuan anak dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak di TK Al-Hidayah Bandar Lampung Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang difokuskan pada situasi kelas atau disebut Classroom Action Risearch. Alat pengumpul data terdiri dari observasi dan dokumentasi. Analisis data penelitian tindakan kelas dilaksanakan dalam rangkaian langkah dengan beberapa siklus, dimana dalam satu siklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan pada siklus I dan siklus II maka dapat penulis simpulkan bahwa penerapan alat permainan edukatif (ape) roda putar dapat meningkatkan kognitif anak di TK Al-Hidayah Bandar Lampung. Hal ini terlihat dari adanya peningkatan kognitif, Pada pertemuan siklus I persentase perkembangan kognitif anak melalui media roda putar yang Kurang Berkembang (K),20% masih terlihat belum berkembang. Sedangkan peserta didik yang Cukup Berkembang (C), 27%, juga masih sangat minim,. Selanjutnya yang Berkembang baik (B) 13% dan Berkembang Sangat Baik (SB) 40%. mempunyai jumlah yang masih kurang memenuhi kriteria perkembangan keberhasilan, Berdasarkan hasil persentase pada pertemuan siklus I, peneliti melakukan refleksi. Pada pertemuan siklus II, mengalami peningkatan yang sangat tinggi, tidak ada peserta didik yang Kurang Berkembang (K) 0% , Cukup Berkembang (C) 7%, Berkembang baik (B) 13%, dan Berkembang Sangat Baik (SB) mengalami jumlah peningkatan menjadi 80%. Pada hasil siklus II penelitian tindakan kelas dapat dikatakan berhasil karena telah mencapai indikator keberhasilan 80% KATA KUNCI: Kognitif, roda putar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2023 04:05
Last Modified: 27 Jun 2023 04:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28744

Actions (login required)

View Item View Item