RELASI SOSIAL KIAI DAN SANTRI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA AL-A’LA DENGAN MASYARAKAT DI DESA KUALA SEKAMPUNG KECAMATAN SRAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN

Indi, Wahyuni (2023) RELASI SOSIAL KIAI DAN SANTRI PONDOK PESANTREN MIFTAHUL HUDA AL-A’LA DENGAN MASYARAKAT DI DESA KUALA SEKAMPUNG KECAMATAN SRAGI KABUPATEN LAMPUNG SELATAN. Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of Full Skripsi Indi Wahyuni.pdf] PDF
Download (14MB)
[thumbnail of Cover bab 1+bab 5&dapus indi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

ABSTRAK Hadirnya pondok pesantren Miftahul Huda AL-ala ditengah masyarakat desa Kuala sekampung merupakan pondok pesantren pertama yang dibangun oleh tokoh agama atau kiai sutisna selaku pimpinan pondok pesantren Miftahul Huda Al-a’la dilatar belakangi karena masyarakat di desa Kuala Sekampung lebih mengutamakan pekerjaan mereka daripada melakukan kegiatan keagamaan seperti beribadah, mengaji, memakmurkan masjid, alasannya adalah faktor kelelahan akibat pekerjaan sehingga menjadikan mereka lalai akan ibadah. Dengan kegigihan kiai sutisna dalam membangun pondok pesantren serta berdakwah, kemudian mulailah para pemuda pemudi berdatangan untuk membina ilmu dan sebagai santri yang membantu kiai dalam mengajarkan agama islam dan menjadi teladan bagi masyarakat. dalam penelitian ini, peneliti membuat dua rumusan masalah. Rumusan masalah tersebut adalah: (1) Bagaimana Relasi Sosial yang terjadi antara kiai dan santri pada masyarakat dilingkungan pondok pesantren (2) Bagaimana Dampak Relasi Sosial antara kiyai dan santri dengan masyarakat di desa Kuala Sekampung Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan. Penelitian ini dilaksanakan di desa Kuala Sekampung Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan.Metode Penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dan tekhnik pengambilannya sampel purposive Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi . Teori yang digunakan adalah teori Interaksi Sosial Georg Simmel tentang Relasi Sosial . Teori ini menyatakan bahwa masyarakat dipandang lebih daripada sebagai suatu kumpulan individu. interaksi yang sistematik antara dua orang atau lebih yang saling timbal balik. Sehingga akan menciptakan perubahan dalam masyarakat. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Relasi sosial antara kiai dan masyarakat di desa Kuala Sekampung Kecamatan Sragi Kabupaten Lampung Selatan memiliki hubungan asosiatif yaitu terjadi interaksi positif antara kelompok-kelompok tersebut yang menyebabkan terjadinya integrasi sosial di desa tersebut.Dampak relasi sosial antara kiai ,santri dan masyarakat dapat membantu meningkatkan keharmonisan dan kedamaian serta bagi masyarakat membantu perbaikan moral yang sebelumnya kurang memperdulikan pelaksanaan ibadah dan menjadi paham akan ilmu agama dan kewajiban ibadah. Kata Kunci: Relasi Sosial, Kiai, Santri dan Masyarakat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Sosiologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Sosiologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:39
Last Modified: 27 Jun 2023 02:39
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28742

Actions (login required)

View Item View Item