EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM) PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017/2018

Anggraeni, Imas (2018) EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN HARGA DIRI (SELF ESTEEM) PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA NEGERI 6 BANDAR LAMPUNG TAHUN 2017/2018. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of SKRIPSI_IMAS.pdf] PDF
Download (1MB)

Abstract

Harga diri (self esteem) adalah suatu kemampuan individu dalam melakukan penilaian, penghargaan, dan penerimaan terhadap diri sendiri mengenai baik dan buruknya serta mengenali dan mengembangkan seluruh aspek yang ada dalam dirinya. Harga diri rendah akan menyulitkan peserta didik dalam berinteraksi sosial. Harga diri yang rendah masih terdapat pada peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung sehingga diperlukan upaya untuk mengatasi harga diri rendah melalui konseling kelompok dengan teknik assertive training. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan harga diri peserta didik di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, Dengan desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-equivalent Control Group Design. Pada dua kelompok tersebut, sama-sama dilakukan pre-test dan post-test, dalam penelitian ini focus memperoleh data dan gambaran di lapangan tentang keefektivan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan harga diri peserta didik, sedangkan teknik pengumpul data yang penulis gunakan yaitu angket tentang harga diri, wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun hasil yang di peroleh adalah hasil perhitungan pengujian diperoleh thitung 3,984 pada derajat kebebasan (df) 14 kemudian dibandingkan dengan ttabel 0,05 = 2,120, maka thitung ≥ ttabel (3,984 ≥ 2,120) atau nilai sign.(2-tailed) lebih kecil dari nilai kritik 0,005 (0.001 ≤ 0,005), ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, selain itu didapatkan nilai rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari pada kelompok kontrol (85 ≥ 68,7). Hal tersebut membuktikan layanan konseling kelompok dengan teknik assertive training efektif untuk meningkatkan harga diri peserta didik kelas X di SMA Negeri 6 Bandar Lampung. Kata Kunci: Konseling Kelompok,Teknik Assertive Training, Harga Diri

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: Users 516 not found.
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:50
Last Modified: 08 Jan 2018 06:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2874

Actions (login required)

View Item View Item