TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG JUAL BELI PRODUKSI PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA YANG BELUM MEMILIKI IZIN EDAR (Studi Basreng Ngidam Ngemil di Desa Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan)

NURUL, AYU NINGSIH (2023) TINJAUAN HUKUM EKONOMI SYARIAH TENTANG JUAL BELI PRODUKSI PANGAN INDUSTRI RUMAH TANGGA YANG BELUM MEMILIKI IZIN EDAR (Studi Basreng Ngidam Ngemil di Desa Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (7MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL NURUL AYU NINGSIH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini berangkat dari adanya jual beli basreng ngidam ngemil di Desa Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan, dimana dikemasan produk yang diedarkan tidak memiliki nomor izin edar yang disebut dengan P-IRT. P-IRT adalah sertifikasi perizinan bagi industri yang memproduksi makanan dan minuman dengan skala rumahan. Adapun permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana praktik penjualan pangan industri rumah tangga pada usaha basreng ngidam ngemil yang belum memiliki Izin Edar di Desa Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan? Dan bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi Syariah tentang jual beli produksi pangan industri rumah tangga yang belum memiliki Izin Edar di Desa Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan?. Tujuan dari penelitian ini adalah unutk mengetahui bagaimana praktik penjualan pangan industri rumah tangga pada usaha basreng ngidam ngemil yang belum memiliki Izin Edar di Desa Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan dan untuk mengetahui bagaimana tinjauan Hukum Ekonomi syariah tentang jual beli produksi pangan industri rumah tangga yang belum memiliki Izin Edar di Desa Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk Kabupaten Way Kanan. Penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) data primer diperoleh dari hasil wawancara, hasil observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara kualitatif. Penelitian ini bersifat deskriptif analisis. Pada penelitian ini sumber data dibagi menjadi dua yakni data primer dan data sekunder. Teknik pengolahan data yang digunakan peneliti yaitu editing, organizing dan systemizing. Dan setelah diperoleh data melalui alat pengumpulan data, maka akan dilakukan analisis deskriptif terhadap data tersebut. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan penulis bahwa praktek penjualan pangan industri rumah tangga pada usaha basreng ngidam ngemil yang belum memiliki izin edar di Desa Sidoarjo Kecamatan Umpu Semenguk adalah belum memenuhi hak-hak konsumen dalam memberikan informasi yang jelas melalui izin nomor pendaftaran PIRT dan dalam Tinjauan Hukum Ekonomi Syariah belum mencapai kemaslahatan dalam maqashid syariah Hifdz al-nafs ( menjaga jiwa) dan dikaitkan dengan fasid yaitu sah, tidak membatalkan akad jual beli, akan tetapi dilarang karena sebab belum jelas aman atau tidak untuk dikonsumsi karena belum melakukan uji laboratorium untuk mendapatkan izin edar dari dinas kesehatan setempat. Kata Kunci: PIRT, Jual Beli, Hukum Ekonomi Syariah

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 27 Jun 2023 02:09
Last Modified: 27 Jun 2023 02:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28737

Actions (login required)

View Item View Item