PENGARUH SERTIFIKAT HALAL, KESADARAN HALAL DAN BAHAN MAKANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN (Studi Masyarakat Muslim Di Kota Metro)

Adinda, Choirul Ummah (2023) PENGARUH SERTIFIKAT HALAL, KESADARAN HALAL DAN BAHAN MAKANAN TERHADAP MINAT BELI PRODUK MAKANAN (Studi Masyarakat Muslim Di Kota Metro). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS_Adinda Choirul Ummah.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

ABSTRAK Pada masyarakat Muslim, produk makanan memiliki ketentuan yaitu terkait makanan halal agar sesuai syariat. Namun, banyak produk terutama di Indonesia yang masih belum jelas terkait kehalalannya sehingga dapat mempengaruhi minat beli. Banyaknya penduduk muslim di Kota Metro menunjukkan adanya kebutuhan konsumen terkait makanan halal sebagai pemenuhan ibadah dan kesehatan. Mengingat adanya permasalahan yang harus diatasi, maka perlu adanya pembatasan masalah agar penelitian ini lebih terfokus. Berdasarkan identifikasi masalah yang ada, penelitian ini terfokus pada variabel sertifikasi halal, kesadaran halal, dan bahan makanan apakah memiliki pengaruh terhadap minat beli produk makanan halal terhadap minat beli produk makanan halal oleh konsumen di Kota Metro. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif, penelitian dilakukan pada masyarakat Muslim di Kota Metro. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari masyarakat muslim di Kota Metro dengan menggunakan kuisioner yang disebar berupa angket dan Google Form. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling dan analisis data menggunakan SPSS 23.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sertifikasi halal berpengaruh secara positif signifikan terhadap minat beli konsumen yang ditunjukkan dengan nilai thitung (5.946) > ttabel (1.971). Semakin banyak produk yang memiliki sertifikan halal maka akan meningkatkan minat beli konsumen. Kemudian hasil penelitian juga memperlihatkan jika kesadaran halal berpengaruh positif terhadap minat beli konsumen yang ditunjukkan dengan nilai thitung (8.640) > ttabel (1.971). Artinya, semakin tinggi kesadaran halal maka minat beli konsumen mengalami peningkatan, kemudian hasil penelitian menunjukkan bahwa bahan makanan berpengaruh terhadap minat beli produk makanan diperlihatkan dengan nilai thitung (11.996) l> ttabel (1.971) sehingga semakin baik bahan makanan yang digunakan maka minat beli pada produk makanan halal akan mengalami peningkatan. Kata Kunci: Sertifikat Halal, Kesadaran Halal, Bahan Makanan dan Minat Beli iii ABSTRACT In Muslim societies, food products have provisions related to halal food so that they comply with the Shari'a. However, many products, especially in Indonesia, are still unclear about their halal status, which can influence buying interest. The large number of Muslim residents in Metro City shows that there is a need for consumers regarding halal food as a fulfillment of worship and health. Given that there are problems that must be overcome, it is necessary to limit the problem so that this research is more focused. Based on the identification of existing problems, this research focuses on the variables of halal certification, halal awareness, and food ingredients whether they have an influence on the intention to buy halal food products on the intention to buy halal food products by consumers in Metro City. This research includes quantitative research, the research was conducted on Muslim communities in Metro City. The data used is primary data obtained from the Muslim community in Metro City using questionnaires distributed in the form of questionnaires and Google Forms. The sampling technique used was random sampling and data analysis using SPSS 23.00. The results showed that halal certification had a significant positive effect on consumer buying interest as indicated by the tcount (5.946) > ttable (1.971). The more products that have halal certificates, the more consumers' buying interest will increase. Then the results of the study also show that halal awareness has a positive effect on consumer buying interest as indicated by the tcount (8.640) > ttable (1.971). That is, the higher the halal awareness, the consumer's buying interest has increased, then the results show that food ingredients affect the interest in buying food products as shown by the value of tcount (11,996) l> ttable (1,971) so that the better the food ingredients used, the higher the purchase intention Halal food products will increase. Keywords: Halal Certificate, Halal Awareness, Food Ingredients and Buying Interest

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Ekonomi Islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ekonomi Syariah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2023 07:35
Last Modified: 26 Jun 2023 07:35
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28734

Actions (login required)

View Item View Item