PENGARUH SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIIIPADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPNEGERI 13 BANDAR LAMPUNG

Widati, Genada Ayu (2018) PENGARUH SCIENTIFIC APPROACH BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS VIIIPADA MATA PELAJARAN IPA DI SMPNEGERI 13 BANDAR LAMPUNG. Undergraduate thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[img] PDF
Download (71MB)

Abstract

Pembelajaran pada hakikatnya merupakan suatu proses interaksi antara guru dengan siswa, untuk menciptakan iklim pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Scientific Approach berbasis Performance Assessment terhadap Kecerdasan Emosional (EQ) Siswa pada materi Gerak pada mahluk hidup dan Sistem rangka dan otot pada kelas VIII di SMP Negeri 13 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018. Metode Penelitian ini menggunakan Quasi eksperimen dengan desain the matching-only pretest-postest control group design. Teknik Pengumpulan data dalam penelitian ini terdiri dari angket, dan dokumentasi. Dari hasil penelitian, nilai rata-rata pretest EQ di kelas eksperimen 81,96 nilai rata-rata EQ posttest 83,37dengan perolehan N-Gain 0,7 termasuk kategori tinggi. Pada kelas kontrol nilai rata-rata EQ pretest 75,71 dan nilai rata-rata EQ posttest 77serta memperoleh N-Gain sebesar 0,41 termasuk kategori sedang. Dan nilai rata-rata pretest Kecerdasan Emosional di kelas eksperimen 81,85 dan Posttest EQ 85 dengan N-Gain 0,7 termasuk kategori Tinggi. Pada kelas kontrol nilai rata-rata pretest EQ 75,41 dan posttest sebesar 78,11dengan N-Gain 0,4 termasuk kategori sedang. Analisis data penelitian menggunakan uji Lilifors untuk uji normalitas, uji Fisher untuk uji homogenitas dan uji t-independent. Untuk uji t independent pretest dan posttest EQ diperoleh tHitung 4,306 > tTabel 2,001. Karena tHitung > tTabel, maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Uji t independent pretest EQ diperoleh tHitung 4,128 > tTabel 2,001. Karena tHitung > tTabel, maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Uji t independent posttestt EQ diperoleh tHitung 5,276> tTabel 2,001. Karena tHitung > tTabel, maka dalam hal ini H0 ditolak dan H1 diterima. Dari rata-rata nilai awal dan akhir menunjukkan bahwa scientific approach berbasis performance assessment menghasilkan kecerdasan emosional siswa lebih baik dibandingkan dengan pendekatan student center. Berdasarkan hasil angket respon siswa diketahui bahwa siswa merespon positif terhadap pembelajaran yang dilakukan. Kata Kunci : Kecerdasan Emosional, Performance assessment dan Scientific approach

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: Faisal Hamid Azly
Date Deposited: 08 Jan 2018 06:44
Last Modified: 08 Jan 2018 06:44
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/2873

Actions (login required)

View Item View Item