ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PERAN MEDIA MASSA DALAM MENINGKATKAN PARITISIPASI PEMILIH PEMULA (Studi di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung)

DANDY, SALSA PUTRA (2023) ANALISIS SIYASAH DUSTURIYAH TERHADAP PERAN MEDIA MASSA DALAM MENINGKATKAN PARITISIPASI PEMILIH PEMULA (Studi di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI_DANDY SALSA PUTRA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Pemilu merupakan salah satu prosedur demokrasi yang melegitimasi kewenangan dan tindakan para wakil rakyat untuk melakukan tindakan tertentu. Pemilu adalah mekanisme sirkulasi dan regenerasi kekuasaan.Partisipasi masyarakat Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung dalam pemilu mengalami kenaikan dari tahun 2014 ketahun 2019 sebesar 25,04%. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimana Peran Media Massa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula (Studi di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung) dan (2) bagaimana Analisis Siyasah Dusturiyah terhadap Peran Media Massa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula (Studi di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung). Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) untuk menjawab pertanyaan Pendekatan penelitian ini menggunakan pendekatan filosofis, yuridis, dan sosiologis. Sedangkan, sifat penelitian ini adalah kualitatif dan dilakukan menggunakan teknik pengumpulan data dengan cara mengamati pada sumber-sumber tertentu, menelaah buku-buku, artikel atau lainnya yang bersangkutan dengan skripsi ini. Kemudian data yang sudah diperoleh dianalisis menggunakan teknik deskriptif analisis kritis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Peran Media Massa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung Sudah cukup baik, Namun pengaruhnya hanya sebatas mempengaruhi pemilih pemula untuk memilih (voting) saja, belum sampai pada tahap untuk terlibat dalam kampanye, diskusi formal politik, membentuk dan bergabung ke dalam kelompok kepentingan. Kemudian fungsi media massa sebagai pemberi atau penyebar berita kepada pemilih pemula sudah berpengaruh secara masif. Karena banyak dari pemilih pemula di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung yang menggunakan media massa untuk mencari informasi apapun yang berkaitan dengan Pemilu di media massa. (2) Dalam Analisis Siyasah Dusturiyah, Peran Media Massa dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih Pemula di Kelurahan Sukabumi Kecamatan Sukabumi Kota Bandar Lampung sudah sesuai dengan hukum Islam, karena pengaruh itu akan menjadikan perilaku pemilih pemula untuk terlibat dalam Pemilu dan hal tersebut adalah bentuk penerapan asas musyawarah yang menegakkan nilai-nilai keadilan, kejujuran, kebebasan, dan kesederhanaan. Pada akhirnya hal tersebut akan membawa sebuah kemaslahatan bagi dirinya dan masyarakat secara luas. Kata Kunci: Media Massa, Pemilih Pemula.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2023 03:25
Last Modified: 26 Jun 2023 03:25
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28719

Actions (login required)

View Item View Item