TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUBUNGAN ANAK BAWAAN AYAH DAN IBU SAMBUNG DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (Studi Di Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat)

ELI, FATMAWATI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP HUBUNGAN ANAK BAWAAN AYAH DAN IBU SAMBUNG DALAM MEWUJUDKAN KELUARGA HARMONIS (Studi Di Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ELI FATMAWATI 1921010150.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Sebuah hubungan dalam keluarga merupakan hal terpenting yang harus dimiliki seluruh anggotanya, terutama dalam hal ini adalah hubungan antara anak bawaan ayah dan ibu sambung yang memiliki hubungan yang baik dan kurang baik, ada beberapa hubungan yang terjadi perselisihan dan pertengkaran di karenakan belum bisa saling menerima kehadirannya. Di dalam sebuah keluarga terdapat kewajiban orang tua terhadap anak-anaknya yaitu mendidik, menyayangi, mengawasi, merawat, memberikan sandang, makanan dan kesehatan jasmani. Dalam sebuah keluarga diutamakan harus memiliki hubungan yang baik tanpa adanya perselisihan. Agar keluarga menjadi utuh dan harmonis seluruh anggota keluarganya harus saling menjaga, menyayangi, melindungi, dan memberikan kasih sayang satu sama lain. Sehingga sebuah keluarga ini akan menjadi keluarga yang harmonis, sakinnah, mawadhah warahmah. Penelitian ini di latar belakangi oleh adanya perselisihan hubungan antara anak bawaan ayah dan ibu sambung di Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimana hubungan anak bawaan ayah dan ibu sambung dalam mewujudkan keluarga harmonis pada Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hubungan anak bawaan ayah dan ibu sambung dalam mewujudkan keluarga harmonis pada Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah Untuk mengetahui hubungan anak bawaan ayah dan ibu sambung dalam mewujudkan keluarga harmonis pada Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Untuk mengetahui hukum Islam terhadap hubungan anak bawaan ayah dan ibu sambung dalam mewujudkan keluarga harmonis pada Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat. Metoode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (Field Research), yaitu penelitian yang mencari data secara langsung yang menjadi objek penelitian, lokasi penelitian yang dilakukan di Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Barat Kabupaten Tulang Bawang Tengah, teknik pengumpulan data dalam penelitian dilakukan dengan cara melakukan wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa hubungan anak bawaan suami dan ibu sambung dalam mewujudkan keluarga harmonis di Desa Panaragan Jaya Kecamatan Tulang Bawang Tengah Kabupaten Tulang Bawang Barat, sebuah keluarga yang memiliki hubungan tidak akur, sering terjadi perselisihan, pertengkaran dan tidak saling menghormati serta menerima satu sama lain. Tetapi dengan berjalannya waktu hubungan tersebut menjadi baik, karena adanya kesadaran antara anak bawaan ayah dan ibu sambung, hubungan tersebut juga dapet menjadikan keluarga yang harmonis. Kata Kunci : Hubungan, Anak, Istri, Keharmonisan

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Fakultas Syariah > Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 26 Jun 2023 02:50
Last Modified: 26 Jun 2023 02:50
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28718

Actions (login required)

View Item View Item