PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX DI SMP AL HUDA JATI AGUNG

Cindy, Asri Nur Pratiwi (2023) PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX DI SMP AL HUDA JATI AGUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi Cindy Asri Nur Pratiwi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS STEM PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS IX DI SMP AL HUDA JATI AGUNG Oleh: Cindy Asri Nur Pratiwi Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran video berbasis STEM pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMP Al Huda Jati Agung serta untuk mengetahui kelayakan, dan respon peserta didik, video berbasis STEM yang dihasilkan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran IPA kelas IX di SMP Al Huda Jati Agung. Jenis penelitian ini adalah Reseacrh and Development (R&D) Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evalution) yaitu analisis, perancang, pengembangan, penerapan, dan penilaian. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa angket kepada ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa serta respon peserta didik. Hasil yang diperoleh dari validator ahli materi 1 mendapat nilai persentase 88%, dan validator ahli materi 2 mendapat nilai persentase 91%. Kemudian hasil persentase dari validator ahli media 1 mendapat nilai dengan persentase 88%, dan validator 2 dengan nilai persentase 90%. Selanjutnya didapat hasil persentase dari validator ahli bahasa dengan nilai persentase 90%, dan validator ahli bahasa 2 dengan nilai persentase 87%. Hasil analisis data dari respon peserta didik pada uji coba skala kecil kepada 10 peserta didik mendapat nilai dengan persentase 84%, dan pada hasil dari uji coba kelompok besar mendapat nilai dengan persentase 87%. Dengan keseluruhan kategori nilai adalah “sangat layak”, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berupa video berbasis STEM ini layak digunakan dalam proses pembelajaran IPA. Kata Kunci: ADDIE, Media Pembelajaran, Video Berbasis STEM iii ABSTRACT DEVELOPMENT OF STEM-BASED LEARNING VIDEOS IN SUBJECTS IPA CLASS IX AT SMP AL HUDA GREAT TEAK By: Cindy Asri Nur Pratiwi This study aims to develop STEM-based video learning media for science class IX subjects at SMP Al Huda Jati Agung and to determine the feasibility of, and student responses, STEM�based videos produced as learning media for science subjects class IX at SMP Al Huda Great Teak. This type of research is Research and Development (R&D) ADDIE Model (Analysis, Design, Development, Implementation, & Evaluation), namely analysis, design, development, implementation, and assessment. The data collection instrument used was a questionnaire to material experts, media experts, and language experts as well as students' responses. The results obtained from the material expert validator 1 got a proportion value of 88%, and the material expert validator 2 got a proportion value of 91%. Then the proportion results from the media expert validator 1 get a score with a proportion of 88%, and validator 2 with a proportion value of 90%. Furthermore, the proportion results obtained from the language validator expert with a proportion value of 90%, and language validator expert 2 with a proportion value of 87%. The results of data analysis from student responses in the small-scale trial to 10 students scored with a proportion of 84%, and in the results of the large group trial scored with a proportion of 87%. With the overall value category being "very feasible", it can be interpreted that the learning media in the form of STEM-based videos is suitable for use in the science learning process. Keywords: ADDIE, Learning Media, STEM-Based Video

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Biologi
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Biologi
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 23 Jun 2023 03:05
Last Modified: 23 Jun 2023 03:05
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28712

Actions (login required)

View Item View Item