IMPLIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH

AININ, NAJAH (2023) IMPLIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH. Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of tesis_AININ NAJAH.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK IMPLIKASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBENTUK SIKAP TOLERANSI BERAGAMA DI SMAN 1 SEPUTIH MATARAM LAMPUNG TENGAH Indonesia merupakan sebuah Negara yang masyarakatnya terdiri atas berbagai suku, ras, adat istiadat, golongan, kelompok, dan agama. Dalam masyarakat ditemukan berbagai individu atau kelompok yang berasal dari budaya berbeda, demikian pula dalam pendidikan, diversitas tersebut tidak dapat dielakkan. Ditengah perbedaan yang berada dalam lingkungan masyarakat bukan suatu hal yang mudah dalam menegakkan kerukunan masyarakat yang statusnya tumbuh ditengah perbedaan suku dan agama. Bahwa perlu pembentukan sikap toleransi yang terpusat toleransi antar umat beragama, sasaran dalam pembentukan adalah peserta didik yang ada dilingkungan sekolah, karena didalam lingkungan sekolah pembentukan sikap toleransi mudah terealisasi, pembentukan sikap toleransi antar umat beragama dapat diterapkan melalui Pendidikan Agama Islam karena pada pembelajaran ini ditemukan unsur-unsur tentang pembentukan sikap toleransi antar umat beragama. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Implikasi Pendidikan Agama Islam di SMAN 1 Seputih Mataram serta dapat menemukan bentuk-bentuk toleransi beragama di SMAN 1 Seputih Mataram. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang berisikan deskripsi mengenai sumber data yang diperoleh dari lapangan, pengumpulan datanya dilakukan dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data kemudian dianalisis dengan mengelola data dari sumber, kemudian memaparkan dan menarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan adanya upaya yang dilakukan guru PAI dalam melakukan pembentukan sikap toleransi antar umat beragama di SMAN 1 Seputih Mataram dengan 1) memberikan motivasi kepada peserta didik dengan memberikan dorongan kepada peserta didik untuk mengikuti ekstrakulikuler, 2) vii Memberikan motivasi melalui cerita-cerita, 3) Melakukan latihan pembiasaan kepada peserta didik dengan shalat berjamaah dan mengikuti kajian keagamaan, 4) Melaksanakan pembelajaran PAI dengan cara memberikan bimbingan kepada peserta didik dengan memberikan kajian fiqh tentang pemerintahan, 5) Menggunakan metode ceramah dan praktik secara langsung, 6) Menanamkan akhlakul karimah serta, 7) Berfikiran terbuka. Dalam bentuk-bentuk toleransi beragama yang diajarkan di SMAN 1 Seputih Mataram diantaranya yaitu: 1) Sikap menerima perbedaan dan saling menghargai, 2) Menciptakan kegiatan sekolah dan suasana belajar yang bertoleransi, 3) Menciptakan keharmonisan dan kerukunan dalam keberagaman, 4) Menghindari terjadinya konflik. Kata Kunci : Toleransi, Pendidikan Agama Islam viii ABSTRACT THE IMPLICATIONS OF ISLAMIC RELIGIOUS EDUCATION IN SHAPING RELIGIOUS TOLERANCE ATTITUDES AT SMAN 1 SEPUTIH MATARAM, CENTRAL LAMPUNG Indonesian society is made up of numerous ethnicities, races, customs, groups, groups, and religions. There are several individuals or groups in society who come from different cultures. Similarly, such variation is unavoidable in education. It is difficult to maintain social harmony amid ethnic and religious divisions in the community. It is vital to build a tolerance attitude centered on inter-religious tolerance with the students as the subjects in the school environment because the construction of a tolerance attitude can be realized in the school environment easily. Tolerance attitude formation among religious communities can be achieved through Islamic Religious Education since this learning includes tolerance attitude formation aspects among religious communities. This study aimed to investigate the implications of Islamic Religious Education at SMAN 1 Seputih Mataram and to identify forms of religious tolerance at SMAN 1 Seputih Mataram. This study employed a qualitative research method, which include descriptions of data sources gathered in the field. The study data were gathered through observation, interviews, and documentation. The information was then analyzed by organizing data from various sources, describing it, and generating conclusions. The analysis results show that PAI teachers strive to shape inter�religious tolerance attitudes at SMAN 1 Seputih Mataram by 1) motivating students and encouraging them to participate in extracurricular activities; 2) motivating students through stories; 3) accustoming students to pray in congregation and participating in religious studies; and 4) implementing Islamic Religious Education learning by guiding students through fiqh studies on government; 7) maintaining an open mind. The forms of religious tolerance taught at ix SMAN 1 Seputih Mataram are 1) embracing differences and respecting each other; 2) creating tolerant school activities and learning environments; 3) Creating harmony and unity in diversity; 4) Avoiding conflict. Keywords: Tolerance, Islamic religious education x ملخص تداعيات التربية الدينية اإلسالمية في تكوين موقف التسامح الديني بمدرسة سيفوتح مترام العالية الحكومية المبونج الوسطي كانتتت مجعيتتتن سنة ني تتتين تتكتتت متتت خمتلفتتتن القبائتتت األعتتت ا العتتتا ا الطبقتا اجلماعتا األ يتا . ت جتة كثت ا يف اجملتمت مت األفت ا أ اجلماعتا التي تت ي مت الثقافتا املختلفتن كتكل يف التعلتي فهتكا أمت ال مفت منت يف اجلامعتن. يف خضت االختالفتا يف بيئتن اجملتمت لتي مت ال ته علت االن ت ا اجملتمعت التك . ال بت ت تكتت ي امل فتت الت تتام بتتن نة ينمتت يف ستت االختالفتتا اجليتت التتةي مت ت اجملتمعا الةينين اهلةفها ه الطنلبن يف املةرسين أل فيها ميك ب ه لن عل تكت ي م فت الت تام , ميكت التنفيتك علت تكت ي م افت الت تام بتن األ يتا مت ختال الرتبين الةينين اإلسالمين ألنتا جتة يف هتك الةراستن عناصت لتكت ي م افت الت تام بن اجملتم املتةي . اهلتتة متت هتتكا الب تت هتت ملع فتتن تتتةاعيا الرتبيتتن الةينيتتن اإلستتالمين يف تكت ي م فت الت تام التةيد سةرستن ستيف ت مترتا العاليتن ا ك ميتن ميكت أ جتتة أشت تكاالا متت الت تتام التتةيد سةرستتن ستتيف ت متترتا العاليتتن ا ك ميتتن. استتتخة هتتكا الب بط يقن الب الن ع الي حتت علت صت ملصتةر البيانتا التي مت ا صت عليها م امليةا , استخة مج البياناهتا بلم افبن املقابلن الت ثيت . مث حتليت البيانتا م خال س ارة البيانا م املصا ر مث ش ح استخالص النتائج. xi استتنا ا علت نتتائج الب ت يظهت اجلهت علت املةرستن PAI يف تنفيتك الرتبيتن الةينيتتن اإلستتالمين يف تكتت ي م فتت الت تتام التتةيد سةرستتن ستتيف ت متترتا العاليتتن ا ك ميتن مت ختال 1 )تت ف ا تاف للطلبتن مت ختال تشت يعه ملشتاركن يف األنشتطن الالمنه ين 2 )ت ف ا اف م ختال القصت، 3 )سجت ا متتاري التعت للطلبتن مت ختتال الصتتالة اجلماعتتن املشتتاركن يف الةراستتا الةينيتتن 4 )سجتت ا تعلتت PAI متت ختال تت ف الت جيت للطلبتن مت ختال تقتةم الةراستا الفقهيتن 5 )استتخةا ط يقتن احملاض ة املمارسن املباش ة 6 )تنمين األخال الك مين 7 )بعق متفت . علت يف أشتكا الت تام التةيد التي ت سةرستن ستيف ت مترتا العاليتن ا ك ميتن هتتت 1 )فبتتت االختالفتتتا االحتتترتا 2 )خلتتت أنشتتتطن مةرستتتين بيئتتتن التعليميتتتن ص مت ام 3 )خل االن ا يف الةيد 4 )جتنب ال اع. الكلمات المفاتيح : الت ام , الرتبين الةينين اإلسالمين

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Tarbiyah dan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2023 07:13
Last Modified: 21 Jun 2023 07:13
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28685

Actions (login required)

View Item View Item