MELDA, TIARA (2023) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL POWTOON TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPA KELAS V SDN 01 TANJUNG REJO OKU TIMUR. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (4MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (7MB) |
Abstract
ABSTRAK Pemahaman konsep merupakan suatu kemampuan peserta didik dalam menemukan, menjelaskan dan menyimpulkan konsep berdasarkan pengetahuan sendiri, bukan sekedar menghafal. Berdasarkan hasil prapenelitian di SD Negeri 01 Tanjung Rejo diperoleh bahwa hasil yang menunjukkan bahwa sangat rendahnya pemahaman konsep peserta didik pada materi rantai makanan sehingga mengakibatkan hasil belajar peserta didik tidak maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media pembelajaran audiovisual powtoon terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik kelas V SD Negeri 01 Tanjung Rejo OKU Timur. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitaif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V SD Negeri 01 Tanjung Rejo OKU Timur, dengan dua sampel penelitian yaitu kelas ekperimen dan kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep. Analisis data penelitian ini menggunakan uji T tidak berkolerasi (Independent Sample T-test), dengan taraf signifikan 5% diperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 yang memiliki nilai lebih kecil dari nilai kriteria uji 0,05, sehingga dapat disimpulkan ditolak yang berarti terdapat pengaruh media pembelajaran audiovisual powtoon terhadap kemampuan pemahaman konsep peserta didik. Kata Kunci: Audiovisual, Powtoon, Pemahaman Konsep iii ABSTRACT Concept understanding is a student's ability to find, explain and conclude concepts based on their own knowledge, not just memorizing. Based on the results of the pre-research at SD Negeri 01 Tanjung Rejo, it was found that the results indicated that the students' understanding of the concept of the food chain material was very low, resulting in students' learning outcomes not being optimal. This study aims to determine the effect of powtoon audiovisual learning media on the ability to understand the concepts of fifth grade students at SD Negeri 01 Tanjung Rejo OKU Timur. This research method uses quantitative research. The population in this study were all fifth grade students at SD Negeri 01 Tanjung Rejo OKU Timur, with two research samples, namely the experimental class and the control class. The instrument used is a test of the ability to understand the concept. Data analysis in this study used an uncorrelated T-test (Independent Sample T-test), with a significant level of 5% obtained a sig (2-tailed) value of 0.000 which has a value smaller than the test criterion value α = 0.05, so it can be concluded is rejected, which means that there is an influence of Powtoon audiovisual learning media on students' conceptual understanding abilities. Keywords: Audiovisual, Powtoon, Concept Understanding
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 21 Jun 2023 06:56 |
Last Modified: | 21 Jun 2023 06:56 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28682 |
Actions (login required)
View Item |