IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG

ZAKIYA, Khairul (2023) IMPLEMENTASI LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KEDISIPLINAN BELAJAR PADA PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI 1-2.pdf] PDF
Download (5MB)
[thumbnail of SKRIPSI ZAKIYA.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Masalah dalam penelitian ini adalah kurangnya kedisiplinan belajar pada peserta didik seperti disiplin waktu, tidak datang dan pulang sekolah tepat waktu, tidak hadir didalam kegiatan pembelajaran, tidak menyelesaikan tugas tepat waktu. Masalah disiplin perbuatan seperti tidak patuh terhadap tata tertib sekolah, tidak rajin belajar. Faktor penyebab kurangnya disiplin belajar yaitu kurangnya kesadaran diri peserta didik terhadap pembelajaran di sekolah, kurangnya pengawasan orang tua di rumah. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan implementasi layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada peserta didik di SMP Negeri 19 Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian adalah penelitian lapangan (field research), dimana peneliti mendeskripsikan fenomena apa saja yang ditemui di lapangan. Adapun prosedur pengumpulan data dengan mengunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IX F,G,J SMP Negeri 19 Bandar Lampung dan subjek penelitian ini adalah guru BK dan peserta didik. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi layanan konseling kelompok untuk meningkatkan kedisiplinan belajar pada peserta didik di SMP Negeri 19 dengan layanan konseling kelompok adanya perubahan dalam hal kehadiran dalam kegiatan pembelajaran dan mengerjakan tugas sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Kata kunci: Implementasi, Konseling Kelompok, Kedisiplinan Belajar iv ABSTRACT The problem in this study is the lack of learning discipline in students such as discipline when not coming and going home from school on time not being present in learning activities not completing tasks on time disciplinary problems such as not complying with school rules not studying diligently Factors causing lack of learning discipline, namely the lack of self-awareness of students towards learning at school lack of parental supervision at home goals This research is to describe the implementation of group counseling services to improve learning discipline in students at SMP Negeri 19 Bandar Lampung. This research uses a qualitative type of research, with the type of research being field research (field research), where researchers describe what phenomena are encountered in the field. The data collection procedure uses observation, interviews and documentation. The population in this study were students of class IX F, G, J SMP Negeri 19 Bandar Lampung and the subjects of this study were BK teachers and students. Data validity using source triangulation. The results of this study show that the implementation of group counseling services to improve learning discipline in students at SMP Negeri 19 with group counseling services has changed in terms of attendance in learning activities and doing assignments in accordance with the set time. Keywords: Implementation, Group Counseling, Learning Discipline

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Bimbingan Konseling
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Bimbingan Konseling
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:49
Last Modified: 21 Jun 2023 04:49
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28679

Actions (login required)

View Item View Item