PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERV-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANALISIS MATEMATIS PESERTA DIDIK BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA

LAILIA, AINI ROHMAH (2023) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN PDEODE (PREDICT-DISCUSS-EXPLAIN-OBSERV-DISCUSS-EXPLAIN) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN ANALISIS MATEMATIS PESERTA DIDIK BERBANTUAN APLIKASI GEOGEBRA. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of cover bab 1-2&dapuss.pdf] PDF
Download (10MB)
[thumbnail of full skripsi.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

ABSTRAK Kemampuan berpikir kritis dan kemampuan analisis matematis peserta didik sangatlah penting. Kemampuan berpikir kritis adalah kemampuan berpikir secara beralasan dan reflektif dengan menekankan pada pembuatan keputusan tentang apa yang harus dipercayai atau dilakukan. Kemampuan analisis matematis adalah kemampuan untuk melakukan penguraian, penelitian, dan tahapan analisa beragam informasi yang dipakai untuk menggali sebuah bidang keilmuan mempergunakan pemikiran yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh dari diterapkannya strategi pembelajaran PDEODE berbantuan aplikasi geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan analisis matematis peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimentaljenis Posttest Only Control Group Design. Adapun populasi dari penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTs Negeri 2 Bandar Lampung. Teknik pengambilan sampel yaitu Cluster Random Sampling. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji normalitas dan uji homogenitas. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan Uji Multivariate Analysis of Variance (MANOVA). Berdasarkan hasil penelitian dan hitung uji MANOVA diperoleh hasil pada kelas eksprimen 2 yang menggunakan strategi pembelajaran PDEODE berbantuan aplikasi geogebra diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 77,63, pada kelas eksperimen 1 yang menggunakan strategi pembelajaran PDEODE diperoleh rata-rata sebesar 76,45, dan kelas kontrol yang menerapkan model pembelajaran ekspositori diperoleh sebesar 68,93. Diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajaran PDEODE berbantuan aplikasi geogebra terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan analisis matematis peserta didik. Kata Kunci : Strategi pembelajaran PDEODE, Kemampuan Berpikir Kritis, Kemampuan Analisis Matematis iii ABSTRACT Students' critical thinking skills and mathematical analysis abilities are very important. Critical thinking ability is the ability to think rationally and reflectively with an emphasis on making decisions about what to believe or do. Mathematical analysis ability is the ability to perform decomposition, research, and stages of analyzing various information that is used to explore a scientific field using real thinking. This study aims to find out how the influence of the application of the PDEODE learning strategy assisted by the GeoGebra application has on students' critical thinking skills and mathematical analysis. This research is a quantitative research with a Quasi Experimental research design type Posttest Only Control Group Design. The population of this study is all class VIII students of MTs Negeri 2 Bandar Lampung. The sampling technique is Cluster Random Sampling. The data analysis technique used in this study is the normality test and homogeneity test. Testing the hypothesis in this study used the Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) Test. Based on the research results and the MANOVA test count, the results obtained in experimental class 2 using the PDEODE learning strategy assisted by the Gogebra application obtained an average class value of 77.63, in experimental class 1 using the PDEODE learning strategy, the average value was 76.45. and the control class that applies the expository learning model is obtained at 68.93. It was concluded that there was an influence of the PDEODE learning strategy assisted by the GeoGebra application on students' critical thinking skills and mathematical analysis abilities. Keywords: PDEODE learning strategy, Critical Thinking Ability, Mathematical Analysis Ability

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2023 04:29
Last Modified: 21 Jun 2023 04:29
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28677

Actions (login required)

View Item View Item