EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG

MARYATUL, KIBTIYAH (2023) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN E-LEARNING DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS III DI SD MUHAMMADIYAH 1 BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Abstrak Pemerintah melalui kementrian pendidikan dan kebudayaan (Kemdikbud) telah menerapkan kebijakan learning from home atau belajar dari rumah (BDR) namun masih ada beberapa kendala karena ada beberapa peserta didik tidak memiliki laptop atau android, bahkan terkendala dengan data internet dan signal yang bagus untuk mengakses e-learning RUBELMU sehingga terjadi kesulitan untuk melakukan pembelajaran E-learning. Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran E-learning dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada peserta didik kelas III di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Penelitian ini mengunakan penelitian kualitatif untuk mendapatkan data (kata-kata atau gambar) yang mendalam dalam kondisi yang alamiah langsung kesumber data mengenai pembelajaran E-Learning pada pembelajaran pendidikan Agama Islam di SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran berbasis kemandirian melalui media e-learning RubelMu memiliki sisi positif, yakni membuat peserta didik menjadi mandiri, aktif, serta merangsang pola pikirnya untuk dapat berkreasi dan memecahkan masalah. Namun kondisi seperti ini cepat sekali membuat peserta didik menjadi bosan, sebab harus bertatap muka setiap hari dengan tugas-tugas. Dengan kata lain peserta didik akan memiliki problem yang besar saat mendapakan tugas yang begitu banyak. Selain itu, media e-learning sering sekali terganggu dengan buruknya sinyal, sehingga tak sedikit dari orang tua dan anak akhirnya tidak mengikuti pembelajaran pada waktunya. Kata Kunci : Efektivitas, Pembelajaran, E-Learning, Pendidikan Agama Islam iv Abstract The government through the Ministry of Education and Culture (Kemdikbud) has implemented a policy of learning from home or learning from home (BDR) but there are still some obstacles because there are some students who do not have laptops or Androids, and are even constrained by internet data and a good signal to access e-mail. -learning RUBELMU so that there are difficulties in carrying out E�learning learning. The purpose of this study is to determine the effectiveness of E�learning in learning Islamic religious education in class III students at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. This study uses qualitative research to obtain in-depth data (words or pictures) in natural conditions directly to data sources regarding E-Learning learning in Islamic Religious education learning at SD Muhammadiyah 1 Bandar Lampung. The results of this study are that self-reliance-based learning through RubelMu e-learning media has a positive side, namely making students become independent, active, and stimulating their mindset to be creative and solve problems. However, conditions like this quickly make students bored, because they have to meet face to face every day with assignments. In other words, students will have big problems when they get so many assignments. In addition, e�learning media is often disrupted by poor signal, so that not a few parents and children end up not attending lessons on time. Keywords: Effectiveness, Learning, E-Learning, Islamic Religious Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 21 Jun 2023 02:01
Last Modified: 21 Jun 2023 02:01
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28670

Actions (login required)

View Item View Item