KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 ULUBELU TANGGAMUS

AFRILIA, ANGGUN PANGESTI (2023) KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MENGELOLA KELAS DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 2 ULUBELU TANGGAMUS. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (2MB)
[thumbnail of SKRIPSI AFRILIA ANGGUN PANGESTI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Kompetensi merupakan seorang guru yang memiliki wewenang untuk menentukan bahan ajar, materi, maupun alat-alat untuk tercapainya proses belajar mengajar yang efektif. Hal ini selaras dengan pengertian kompetensi yang secara terminologi yaitu pengetahuan, Keterampilan seseorang dan nilai nilai dasar yang bisa merefleksasikan berfikir anak yang bertindak langsung dan secara terus menerus menjadi kompeten dan memiliki ketrampilan dan nilai nilai terhadap sesuatu. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui kompetensi profesional guru pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas disekolah menengah pertama negeri 2 Ulubelu Tanggamus. Metode penelitian yang digunakanyaitu berjenis kualitatif lapangan field research karena sifatnya data yang dikumpulkan berupa data narasi dan tidak menggunakan alat ukur data kuantitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitianya itu menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi Analisa data dalam penelitian ini yaitu menggunakan reduksi data penyajian data dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi waktu. Setelah peneliti melakukan penyajian data dan menganalisis data yang diperoleh Dari observasi dan wawancara maka peneliti dapat memberikan kesimpulan bahwa kompetensi professional guru Pendidikan Agama Islam dalam mengelola kelas di SMP N 2 Ulubelu berjalan dengan baik karena kompetensi guru sangat memperhatikan aspek dalam mengelola kelas,pendekatan dalam mengelola kelas, strategi pengelolaan kelas, peraturan dalam pengelolaan dalam kelas, dan penataan didalam kelas.strategi dalam mengelola kelas untuk mencapai kondisi yang optimal, maka guru harus dapat mengatur peserta didik dan mampu mengendalikan suasana belajar menjadi menarik dan menyenangkan, jadi seorang guru tidak hanya satu atau dua strategi yang digunakan dalam mengelola kelas akan tetapi harus banyak metode atau strategi yang harus digunakan. Kunci : Kompetensi, Profesional, Mengelola Kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jun 2023 04:09
Last Modified: 20 Jun 2023 04:09
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28661

Actions (login required)

View Item View Item