KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (KAJIAN TAFSIR AL-ANBIYA 107 DAN AL-BAQARAH 213)

MANDADARI, Tugiman (2023) KONSEP PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (KAJIAN TAFSIR AL-ANBIYA 107 DAN AL-BAQARAH 213). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI  BAB 1 & BAB 5.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI FULL MANDADARI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia, sebagaimana negara berkembang lainnya memiliki permasalahan sosial yang tidak sederhana. Oleh karena itu penelitian ini merupakan upaya dalam menemukan solusi mengenai konflik yang terjadi di Indonesia akhir-akhir ini. Al-Qur’an merupakan solusi yang tidak akan lepas dari kehidupan manusia sebagai pedoman hidup. Pendidikan multikultural dirasa memiliki relevansi dengan Al-Qur’an yang mengandung nilai-nilai universal. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Konsep Pendidikan Multikultural (Kajian Al-Anbiya ayat 107 dan Al-Baqarah ayat 213). 1) untuk mengetahui konsep pendidikan multikultural (Kajian Tafsir Al-Anbiya ayat 107 dan Al-Baqarah ayat 213) dan 2) untuk mengetahui tujuan pendidikan multikultural (Konsep Tafsir Al-Anbiya ayat 107 dan Al-Baqarah ayat 213). Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian library research, yaitu penelitian dimana objek penelitiannya digali melalui berbagai sumber kajian kepustakaan. Penelitian ini mengambil data dari Tafsir Al-Maraghi, Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar dan didukung oleh sumber-sumber yang berkaitan dengan pendidikan multikultural. Data yang digunakan dalam penelitian diperoleh dari dokumen ataupun transkip yang sudah ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dapat ditemukan: 1) konsep pendidikan multikultural yang terdapat pada Q.s Al-Anbiya ayat 107 dan Al-Baqarah ayat 213 merupakan proses bimbingan untuk membangun pemahaman agama masyarakat yang tidak mengedepankan dimensi perbedaan, yang membawa proses perbaikan keseluruhan hidup inidvidu termasuk akal, hati, jasmani, rohani, akhlak dan tingkah laku. Sehingga tujuannya untuk membangun nilai-nilai kemanusiaan, toleransi, persamaan hak, perbedaan yang sederajat, kebudayaan suku bangsa. Sehingga dapat menciptakan hidup yang damai. 2) tujuan pendidikan multikultural yang terdapat pada Q.s Al-Anbiya ayat 107 dan Al-Baqarah ayat 213 yakni berkembangnya sikap toleransi yang saling menghormati dan menghargai diantara masyarakat ataupun peserta didik. Karena manusia berasal dari umat yang satu, maka Islam mengajarkan untuk saling menghormati, menghargai kepercayaan, budaya ataupun kelompok lain. Kata Kunci: Multikultural dalam Perspektif Pendidikan Islam ii ABSTRACT Indonesia, like other developing countries, has social problems that are not simple. Therefore this research is an attempt to find a solution to the conflict that has occurred in Indonesia recently. Al�Qur'an is a solution that cannot be separated from human life as a way of life. Multicultural education is felt to have relevance to the Al-Qur'an which contains universal values. This study aims to describe the concept of multicultural education (Study of Al-Anbiya verse 107 and Al-Baqarah verse 213). 1) to know the concept of multicultural education (Study of Tafsir Al-Anbiya verse 107 and Al-Baqarah verse 213) and 2) to know the purpose of multicultural education (Concept of Tafsir Al-Anbiya verse 107 and Al-Baqarah verse 213). This study uses a qualitative research approach to this type of researchlibrary research,namely research where the object of research is explored through various sources of literature review. This research takes data from Tafsir Al-Maraghi, Tafsir Al-Misbah, Tafsir Al-Azhar and is supported by sources related to multicultural education. The data used in the study were obtained from existing documents or transcripts. The results of the study show that: 1) the concept of multicultural education contained in Qs Al-Anbiya verse 107 and Al-Baqarah verse 213 is a guidance process to build an understanding of community religion that does not prioritize the dimensions of difference, which brings the process of improving the whole life of an individual including reason , heart, body, spirit, morals and behavior. So that the goal is to build human values, tolerance, equal rights, equal differences, ethnic culture. So that it can create a peaceful life. 2) the purpose of multicultural education contained in Qs Al-Anbiya verse 107 and Al-Baqarah verse 213 is the development of an attitude of tolerance that respects and respects one another among the community or students. Because humans come from one nation, Keywords: Multiculturalism in the Perspective of Islamic Education

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pendidikan Agama islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 20 Jun 2023 03:52
Last Modified: 20 Jun 2023 03:52
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28660

Actions (login required)

View Item View Item