SALSABILLA, RAHMITA SUCIROZAI (2023) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN MENGENAL KONSEP UKURAN ANAK USIA 5-6 TAHUN DI RA TANBIH AL GHOFILIN RAJABASA ` BANDAR LAMPUNG. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.
PDF
Download (2MB) |
|
PDF
Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK Penelitian ini dilatar belakangi oleh ketertarikan penulis terhadap proses pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan mengenal konsep ukuran anak usia dini di RA Tanbih Al Ghofilin Rajabasa Bandar Lampung, yang masih berpusat pada guru. Kesempatan bagi anak-anak untuk terlibat langsung menemukan informasi disekitar mereka masih terbatas. Hal ini dikarenakan pembelajaran hanya menggunakan media lembar kerja anak (LJK) sehingga anak kurang aktif dan konsep ukuran yang dikenalkan kepada anak hanyalah besar kecil, panjang pendek, serta waktu. Sedangkan konsep ukuran yang lain seperti banyak sedikit, berat ringan benda belum terstimulasi dengan baik. Oleh karena itu, kemampuan mengenal konsep ukuran harus dikembangkan dengan menggunakan cara yang tepat. Salah satu cara yang tepat adalah model pembelajaran inquiry. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Adakah pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry terhadap perkembangan kemampuan mengenal konsep ukuran anak usia 5-6 tahun di RA Tanbih Al Ghofilin Rajabasa Bandar Lampung?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry terhadap perkembangan kemampuan mengenal konsep ukuran anak usia 5-6 tahun di RA Tanbih Al Ghofilin Rajabasa Bandar Lampung. Metode penelitian yang digunakan adalah pre-eksperimental dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian ini adalah anak usia 5-6 tahun dengan satu kelompok eksperimen berjumlah 14 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-T Berpasangan (Paired sample T-test) yang diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,000 dengan taraf signifikasi 0,05 (5%), maka dapat disimpulkan bahwa nilai Sig. (2- tailed) 0,000 lebih kecil dari 0,05 (5%) yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan model pembelajaran inquiry (X) terhadap perkembangan kemampuan mengenal konsep ukuran (Y) anak usia 5-6 tahun di RA Tanbih Al Ghofilin Rajabasa Bandar Lampung. Kata Kunci : Konsep Ukuran, Model Pembelajaran Inquiry
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI |
Date Deposited: | 20 Jun 2023 02:48 |
Last Modified: | 20 Jun 2023 02:48 |
URI: | http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28658 |
Actions (login required)
View Item |