INTERPRETASI HAKIM TERHADAP KEPENTINGAN ANAK DALAM PERKARA PENGANGKATAN ANAK (Studi Penetapan Pengadilan Agama Blambangan Umpu Pada Perkara No. 0054/Pdt.P/2020/PA.Bbu)

HAMSIRI, Hasidin (2023) INTERPRETASI HAKIM TERHADAP KEPENTINGAN ANAK DALAM PERKARA PENGANGKATAN ANAK (Studi Penetapan Pengadilan Agama Blambangan Umpu Pada Perkara No. 0054/Pdt.P/2020/PA.Bbu). Masters thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of hamsiri PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of TESIS HAMSIRI Full.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (25MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini mengkaji penetapan hakim di Pengadilan Agama Blabangan Umpu mengenai interpretasi hakim terhadap kepentingan terbaik bagi anak dalam perkara pengangkatan anak pada Penetapan Perkara Nomor: 0054/Pdt.P/2020/PA.Bbu. Berangkat dari latar belakang masalah yang akan diteliti, pada penelitian ini akan mengkaji mengenai pertimbangan hukum yang diambil oleh hakim dalam memutuskan perkara pengangkatan anak yang dalam pengajuannya tidak memenuhi syarat administratif sebagaimana diatur dalam Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2007 dan hukum positif yang berlaku di peradilan agama. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana tinjauan hukum Islam menurut Hakim terhadap kepentingan terbaik bagi anak dalam penetapan Pengadilan Agama Blambangan Umpu Nomor: 0054/Pdt.P/2020/PA.Bbu dan bagaimana pertimbangan hukum hakim tentang tinjauan maṣlaḥah mursalah terhadap kepentingan terbaik bagi anak dalam penetapan Pengadilan Agama Blambangan Umpu Nomor: 0054/Pdt.P/2020/PA.Bbu. Penelitian ini merupakan jenis penelitian yuridis normatif yang bersifat deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kajian pustaka atau library research, yaitu mengkaji tinjauan maṣlaḥah mursalah terhadap kepentingan terbaik bagi anak dalam perkara pengangkatan anak sebagaimana terdapat dalam Penetapan Pengadilan Agama Blambangan Umpu Nomor Perkara: 0054/Pdt.P/2020/PA.Bbu. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah sumber data sekunder yaitu Penetapan Pengadilan Agama Blambangan Umpu Nomor: 0273/Pdt.G/2021/PA.Bbu dan data penunjang yaitu data yang diperoleh dari literatur yang relevan dengan penelitian. Teknik analisis data menggunakan penalaran deduktif, yaitu suatu pembahasan yang berangkat dari pengetahuan yang bersifat umum, kemudian ditarik kesimpulan yang bersifat khusus. Berdasarkan analisis tinjauan hukum Islam menurut hakim terhadap kepentingan terbaik bagi anak dalam penetapan Pengadilan Agama Blambangan Umpu Nomor: 0054/Pdt.P/2020/PA.Bbu. dapat dijelaskan bahwa dalam pertimbangan hukumnya Hakim telah sejalan dengan hukum Islam yang pada prinsipnya pengankatan anak tersebut didasari atas kepentingan terbaik bagi anak. Pengankatan anak dalam penetapan ini berdasarkan rasa kemanusiaan yaitu untuk menjamin kehidupan dan tumbuh kembang anak tanpa merubah status hubungan hukum dengan orang tua kandungnya. vii Berdasarkan analisis pertimbangan hukum hakim tentang tinjauan maṣlaḥah mursalah terhadap kepentingan terbaik bagi anak dalam penetapan Pengadilan Agama Blambangan Umpu Nomor: 0054/Pdt.P/2020/PA.Bbu. dapat dijelaskan bahwa dalam pertimbangan hukumnya Hakim telah mengandung nilai-nilai kemaslahatan. Penetapan ini mengutamakan kepentingan terbaik bagi anak dengan mempertimbangkan masa depan anak dari aspek pendidikan dan kesejahteraan serta memberikan kemaslahatan bagi calon anak angkat. Kata Kunci: Pertimbangan Hakim, Pengangkatan Anak, PA Blambangan Umpu

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Al-Ahwal Al-Syakhsiyyah (Hukum Keluarga)
Divisions: Pasca Sarjana > S2 Ilmu Syariah dan Hukum Keluarga
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 09:10
Last Modified: 19 Jun 2023 09:10
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28652

Actions (login required)

View Item View Item