TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 13 TAHUN 2013 TENTANG PENGUMPULAN SUMBANGAN TERKAIT DENGAN PANTI ASUHAN BUSSAINA (Studi di Dinas Sosial Provinsi Lampung)

MUHAMMAD, GHUFRON BOB ARSYI (2023) TINJAUAN FIKIH SIYASAH TERHADAP IMPLEMENTASI PERATURAN DAERAH PROVINSI LAMPUNG NOMOR 13 TAHUN 2013 TENTANG PENGUMPULAN SUMBANGAN TERKAIT DENGAN PANTI ASUHAN BUSSAINA (Studi di Dinas Sosial Provinsi Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of PUSAT BAB 1 DAN 2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of SKRIPSI MUHAMMAD GHUFRON BOB ARSYI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

ABSTRAK Terdapat beberapa pengelola yayasan panti menemukan kegiatan pungutan sumbangan yang dilakukan oleh oknum tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan beberapa panti asuhan. Salah satu diantaranya adalah Panti Asuhan Bussaina, menerima laporan dari masyarakat terkait kegiatan pungutan sumbangan yang mengatasnamakan Panti Asuhan Bussaina, padahal pihak yayasan tersebut tidak pernah mengajukan permohonan untuk menyelenggarakan kegiatan pungutan sumbangan apapun. Setelah dilakukan pengecekan memang ditemukan adanya kegiatan pungutan sumbangan menggunakan kotak-kotak amal yang mengatasnamakan Panti Asuhan Bussaina seperti di toko-toko bangunan, toko elektronik, dan lain-lain. Kegiatan oknum yang tidak bertanggung jawab tersebut telah dilaporkan kepada pihak Dinas Sosial akan tetapi tidak mendapatkan tindakan, sehingga pihak Panti Asuhan Bussaina menarik kotak-kotak amal tersebut dan melakukan pencegahan dengan cara menghimbau kepada masyarakat dan melalui media massa, bahwa Panti Asuhan Bussaina tidak pernah menyelenggarakan kegiatan pungutan sumbangan apapun, apabila ada yang mengatasnamakan Panti Asuhan Bussaina adalah merupakan pungutan sumbangan liar untuk segera melaporkan kepada pihak Panti Asuhan Bussaina. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimana implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pengumpulan Sumbangan di Dinas Sosial Provinsi Lampung? 2. Bagaimana tinjauan fikih siyasah terhadap implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pengumpulan Sumbangan di Dinas Sosial Provinsi Lampung? Penelitian ini bertujuan 1. Untuk mengetahui implementasi Peraturan Daerah Lampung Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pengumpulan Sumbangan di Dinas Sosial Provinsi Lampung. 2. Untuk mengetahui tinjauan fikih siyasah terhadap implementasi Peraturan Daerah Lampung Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pengumpulan Sumbangan di Dinas Sosial Provinsi Lampung. Jenis penelitian ini menggunakan iii penelitian lapangan (Field Research) yang deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: Pertama, Implementasi Peraturan Daerah Provinsi Lampung Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pengumpulan Sumbangan yang dilaksanakan oleh Dinas Sosial Provinsi Lampung untuk melaksanakan fungsi pembinaan, pengawasan dan pengendalian dalam penerapannya belum terlaksana dengan baik. Kedua, Fikih Siyasah Tanfiẓiyyah terhadap Implementasi Peraturan Daerah Lampung Nomor 13 Tahun 2013 Tentang Pengumpulan Sumbangan adalah Implementasi Peraturan Daerah nya belum berjalan sesuai dengan Fikih Siyasah Tanfidziyah. Pejabat yang berwenang atau Dinas Sosial Provinsi Lampung dalam menjalankan tugas fungsinya belum sepenuhnya sesuai dengan konsep imamah yaitu amanah dan profesional dalam menjalankan tugas yang sudah ditentukan. Kata kunci: Fiqh siyasah, Implementasi, Dinas Sosial Provinsi Lampung

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Siyasah (Hukum Tata Negara)
Divisions: Fakultas Syariah > Siyasah (Hukum Tata Negara)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:23
Last Modified: 19 Jun 2023 04:23
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28637

Actions (login required)

View Item View Item