TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA AKAD MURABAHAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (Studi pada KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung)

FAHRUDIN, ARRAZI (2023) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PENYELESAIAN KREDIT MACET PADA AKAD MURABAHAH DI KOPERASI SIMPAN PINJAM DAN PEMBIAYAAN SYARIAH (Studi pada KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Kota Bandar Lampung). Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of Skripsi 1-2.pdf] PDF
Download (3MB)
[thumbnail of Skripsi FAHRUDIN ARRAZI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya perjanjian jual beli yang disepakati oleh pihak KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung dengan anggota yang mengajukan pembiayaan murabahah. Namun setelah terjadinya akad, anggota mengalami kredit macet. Rumusan masalah yang dikaji dalam skripsi ini, yaitu : 1) Bagaimana penyelesaian kredit macet pembiayaan murabahah pada KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung? 2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap penyelesaian kredit macet pembiayaan murabahah pada KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penyelesaian kredit macet pembiayaan murabahah pada KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung dan untuk mengetahui penyelesaian kredit macet pembiayaan murabahahpada KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung jika ditinjau dari hukum Islam. Adapun jenis Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) yang bersifat deskriptif analitis. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Sesuai dengan karakteristik penelitian ini menggunakan data sekunder sebagai data awalnya yang diperoleh dari bahan�bahan hukum primer dan sekunder, kemudian dilanjutkan dengan data primer atau data lapangan yang diperoleh dari dokumen dan hasil wawancara dengan beberapa pengurus KSPPSM KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) penyelesaian kredit macet pembiayaan murabahah pada KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung mereka menggunakan sistem penyelesaian melalui jaminan, hapus buku dan hapus tagih. Namun yang terlaksana yaitu penyelesaian dengan cara hapus buku dan hapus tagih. 2) Tinjauan Hukum Islam terhadap Penyelesaian Kredit Macet Pembiayaan Murabahah pada KSPPS BTM BiMU Way Dadi Kecamatan Sukarame Bandar Lampung boleh dilakukan karena sesuai dengan syariat Islam (Al- Quran dan Hadis). Kata kunci : Penyelesaian Kredit Macet, Pembiayaan murabahah dan Hukum Islam

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Divisions: Fakultas Syariah > Muamalah (Hukum Ekonomi Syariah)
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:16
Last Modified: 19 Jun 2023 04:16
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28636

Actions (login required)

View Item View Item