PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA PETANI DAMAR DI PEKON TENUMBANG KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT

Meisa, Pitri (2023) PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM MENINGKATKAN EKONOMI KELUARGA PETANI DAMAR DI PEKON TENUMBANG KECAMATAN PESISIR SELATAN KABUPATEN PESISIR BARAT. Diploma thesis, UIN RADEN INTAN LAMPUNG.

[thumbnail of SKRIPSI PERPUSTAKAAN.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of SKRIPSI LENGKAP.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Indonesia merupakan salah satu negara yang mempunyai sumber daya alam yang sangat melimpah. Dari sumber daya manusianya sampai ke sumber daya alamnya. Salah satu contoh sumber daya alam yaitu hutan. Hutan merupakan tempat dimana hewan dan tumbuhan dapat berlindung dan hidup didalamnya. Selain itu hutan dapat memberi banyak manfaat untuk manusia seperti sumber oksigen bagi keberlangsungan hidup, menjaga keseimbangan siklus air bahkan menjaga keseimbangan suhu serta iklim. Banyak sekali masyarakar Pekon Tenumbang memanfaatkan hutan sebagai tempat pencaharian, tanaman damar yang merupakan pohon yang menghasilkan getah setiap minggunya membuat masyarakat sangat bergantung pada penghasilan getah damar. Rumusan masalah Bagaimana Proses pemberdayaan masyarakat dalam meningkatkan ekonomi keluarga petani Damar di Pekon Tenumbang Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesisir Baratpenelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan pendekatan deksriptif kualitatif, sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data skunder dan data primer dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dokumentasi. Metode pengolahan data pada penelitian ini menggunakan analisis data secara analisis kualitatif dengan cara berpikir deduktif. Hasil penelitian bahwa Berdasarkan ketiga tahapan pemberdayaan kepada masyarakat melalui aparat Desa, petani damardikatakan berhasil dan sesuai dengan tahaptahap pemberdayaan yang disebutkan yakni tahap penyadaran, tahap peningkatan kapasitas dan tahap pendayaan.Tahap pengkapasitasan merupakan tahap dilakukan sosialisasi terhadap masyarakat agarmereka mengerti bahwa kegiatan pemberdayaan ini penting bagi peningkatan kualitas hidup mereka, dan dilakukan secara mandiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Pengembangan Masyarakat Islam
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 04:06
Last Modified: 19 Jun 2023 04:06
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28635

Actions (login required)

View Item View Item