STRES AKADEMIK : DUKUNGAN ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSI PADA MAHASISWA (Transisi Perkuliahan Daring Ke Luring)

ANNISA, DESY FITRIA (2023) STRES AKADEMIK : DUKUNGAN ORANG TUA DAN KECERDASAN EMOSI PADA MAHASISWA (Transisi Perkuliahan Daring Ke Luring). Diploma thesis, UIN Raden Intan Lampung.

[thumbnail of COVER BAB 1 BAB 5 DAPUS.pdf] PDF
Download (4MB)
[thumbnail of ANISA DESI FULL SKRIPSI.pdf] PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Stres Akademik : Dukungan Orang Tua Dan Kecerdasan Emosi Pada Mahasiswa (Transisi Perkuliahan Daring Ke Luring) Oleh : Annisa Desy Fitria Stres akademik adalahsalah satugangguan yang terjadi karena adanya persaingan serta tuntutan akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuihubungan antara dukungan orang tua dan kecerdasan emosi dengan stres akademik pada mahasiswa transisi perkuliahan daring ke luring. Populasi pada penelitian iniadalah mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan angkatan UIN Raden Intan Lampung dengan sampel diambil menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sebanyak mahasiswa. Teknik pengumpulan data menggunakan skala stres akademik, skala dukungan orang tua, dan skala kecerdasan emosi. Teknik analisis data yang digunkan pada penelitian ini adalah analisis regresi berganda dengan bantuansoftwere SPSS versi for Windows. Hasil penelitian menunjukan nilai r = dengan signifikansi (p< ) artinya ada hubungan negatif signifkan antara dukungan orang tua dan kecerdasan emosi dengan stress akademik dengan sumbangan efektif sebesar . Semakin tinggi dukungan orang tua dan kecerdasan emosi yang di miliki mahasiswa maka semakin rendah tingkat stres akademik. Begitu pula sebaliknya semakin rendah dukungan orang tua dan kecerdasan emosi maka semakin tinggi stres akademik yang terjadi pada mahasiswa. Kata Kunci: Stres Akademik, Dukungan Orang Tua, dan Kecerdasan Emosi. ABSTRACT Academic Stres: Parental Support and Emotional Intelligence in Students (Transition from Online Learning to Offline) By: Annisa Desy Fitria Academic stress is a disorder that occurs due to competition and academic demands. Many students have difficulty receiving the material optimally and applying the material due to the considerable academic load. This study aims to determine the relationship between parental support and emotional intelligence with academic stress in students transitioning from online to offline lectures.The population in this study were students of Biology Education Study Program, Faculty of Tarbiyah and Teacher Training class of UIN Raden Intan Lampung, totaling students, while the sample was taken using simple random sampling technique and a sample of students was obtained.The data collection technique used the academic stress scale which refers to the theory of Sarafino and Smith ( ) (α= ), the scale of parental support which refers to the theory of Sarafino ( ) (α= ) and the emotional intelligence scale which refers to the theory of Goleman ( ) (α= ). The analysis technique used in this study is a multiple regression analysis technique using the SPSS software version for Windows. The results showed that the value of r = with a significance of (p < ) means that there is a significant negative relationship between parental support and emotional intelligence with academic stress with an effective contribution of . Keywords: Academic Stres, Parental Support, and Emotional Intelligence.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Psikologi Agama
Divisions: Fakultas Ushuluddin > Psikologi Agama
Depositing User: LAYANAN PERPUSTAKAAN UINRIL REFERENSI
Date Deposited: 19 Jun 2023 03:54
Last Modified: 19 Jun 2023 03:54
URI: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/28632

Actions (login required)

View Item View Item